STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI

Isi Artikel Utama

Eka Putri Saptari Wulan, Dortya Siahaan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis siswa sebagai salah satu upaya untuk mengembangkan daya pikir dan kreativitas siswa dalam menulis karangan narasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Eksperiman Semu (Quasi Eksperimen Study). Eksperimen adalah suatu cara untuk mencari hubungan sebab akibat (hubungan kausal) anatar dua faktor yang sengaja ditimbulkan oleh peneliti dengan mengeliminasi atau mengurangi atau menyisihkan faktor-fakor lain yang mcngganggu (Arikunto, 2019, hlm. 9). Teknik pengumpulan data dilakukan secara sampling yang dilakukan dalam penelitian ini diambil secara acak (Ramdom Sampiling). Sampel acak dilakukan dengan cara mencampur subjek-subjek di dalam populasi sehingga semua subjek dianggap sama. Data penelitian ini adalah nilai kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori oleh siswa kelas x SMA Yayasan Pendidikan Mulia Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan menulis karangan narasi yang signifikan antara kelompokĀ  eksperimen yang menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dan kelompok kontrol denganĀ  menggunakan metode konvensional pada pembelajaran menulis karangan narasi. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran menulis karangan narasiĀ  dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori pada kelompok eksperimen lebih efektif daripada pembelajaran menulis karangan argumentasi dengan menggunakan metode konvensioanal pada kelompok kontrol.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Articles