ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER PADA IKLAN TELEVISI

Isi Artikel Utama

Dian Etikasari, Rahmawati Mulyaningtyas

Abstrak

Anak-anak memiliki kecenderungan untuk menonton televisi. Anak-anak secara tidak langsung menjadi konsumen iklan televisi. Sambil mereka menikmati program-program televisi, mereka juga melihat tayangan iklan. Hal ini tentu memengaruhi anak-anak dalam menerima pesan dari iklan televisi yang dilihatnya. Oleh karena itu, nilai-nilai karakter dibutuhkan dalam tayangan televisi. Hal ini juga berlaku untuk iklan televisi. Tujuan penelitian ini antara lain (1) mendeskripsikan bentuk-bentuk nilai karakter bagi anak-anak dalam iklan televisi, dan (2) tujuan adanya nilai karakter yang terdapat dalam tayangan iklan televisi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deksriptif kualitatif. Kemudian peneliti menggunakan metode analisis isi (content analysis). Bentuk-bentuk nilai karakter dalam iklan televisi antara lain peduli, berani, jujur, menghormati orang lain, teguh pada pendirian, dan lain-lain. Selanjutnya, tujuan dari adanya nilai karakter dalam iklan televisi adalah untuk mendidik/mengedukasi masyarakat terutama anak-anak, menjadi sarana kontrol sosial, menanamkan pesan moral, dan memberikan teladan yang baik.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Articles