STRATEGI JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA DAN PENGAMATAN GEJALA ALAM
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk: meningkatkan prestasi berbicara oleh siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan strategi JIGSAW; dan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi Gejala Alam dengan menggunakan kegiatan eksperimen eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk meningkatkan kemampuan berbicara (Bahasa Indonesia) dan pengamatan terhadap gejala alam (IPA) siswa pada kelas III SD Negeri Situraja Kabupaten Sumedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : Langkah-langkah persiapan yang telah direncanakan untuk pelaksanaan penelitian berjalan sesuai dengan rencana, dari mulai pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sampai pembuatan instrumen yaitu lembar observasi untuk rencana pelajaran, lembar observasi untuk aktivitas guru dalam mengajar dan lembar observasi untuk kegiatan siswa dalam belajar, telah berhasil menjaring data sebagai hasil penelitian. Pelaksanaan pembelajaran berjalan sesuai dengan skenario yang ada pada RPP, dan telah berhasil menciptakan situasi belajar yang kondusif yakni siswa terlibat secara langsung pada proses pembelajaran, juga dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar bahasa Indonesia dan IPA yang semula dianggap sulit. Tingkat pemahaman siswa tentang meningkatkan kemampuan berbicara dan pengamatan terhadap gejala alam dapat meningkat dengan baik, ini dapat dilihat dari hasil evaluasi yaitu pada siklus 1 memperoleh nilai rata-rata 75 % dan pada siklus ke 2 memperoleh nilai rata-rata 90,47 %.