PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN PEER LESSONS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KEARSIPAN

Main Article Content

Surtiani Ibtisam, Dara Fitrah Dwi

Abstract

Dalam usaha meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas diperlukan strategi belajar mengajar yang diharapkan mampu memperbaiki pembelajaran   yang  telah  berlangsung   salama   ini.  Observasi   awal  di  SMK Setia Budi Binjai menunjukkan bahwa hasil belajar kearsipan masih rendah. Hal  ini terbukti  dari rata-rata  nilai  ulangan  harian  pokok  bahasan  sebelumnya adalah   73,7   didapatkan   beberapa   kekurangan   dalam   proses   pembelajaran kearsipan antara lain : Kurang adanya keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran,  Penyampaian  materi hanya fokus pada guru serta sarana praktek yang masih kurang. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah pelaksanaan pembelajaran kontekstual pada pelajaran kearsipan pada siswa SMK kelas XI. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan  yang terdiri dari 1) perencanaan  untuk membuat  instrumen  penelitian lainnya, 2) Pelaksanaan, melaksanakan pembelajaran kearsipan pokok sistem kearsipan 3) Observasi / pengamatan, 4) refleksi, menganalisis data hasil pengamatan.  Hasil penelitian  menunjukkan  bahwa  dengan  menerapkan  metode Kontekstual  hasil  belajar  siswa  mengalami  peningkatan  pada  masing-masing siklus, hal ini terlihat dari adanya peningkatan pada masing-masing  siklus yaitu hasil tes siklus I nilai rata-rata 75,2 dengan ketuntasan klasikal 73,7% dan siklus II rata-rata 82,2 dengan ketuntasan klasikal 89,5%. Dari lembar observasi siswa dari siklus I aktifitas siswa menunjukkan aktivitas yang belum begitu baik atau menunjukkan  persentasi  C (2), dan  setelah  diadakan  siklus  ke-  2  peningkatan mulai terlihat pada lembar observasi aktivitas siswa yaitu   baik dan sangat baik. Hasil pengamatan guru pada siklus 1 belum menunjukkan hasil yang memuaskan yang hanya mendapatkan nilai rata – rata 2 (cukup).

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Surtiani Ibtisam, Dara Fitrah Dwi. (2020). PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN PEER LESSONS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KEARSIPAN . JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 1(1), 27-32. Retrieved from https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JIP/article/view/451
Section
Articles