STRATEGI PEMASARAN OPAK SINGKONG PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DI KELURAHAN SARI REJO KECAMATAN POLONIA KOTA MEDAN

Isi Artikel Utama

Supahatir Muhammad
Bambang Hermanto
Farida Yani

Abstrak

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mempunyai peran yang besar dalam pembangunan ekonomi nasional. Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mempunyai peranan yang sangat penting untuk pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat. Selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja juga berperan dalam pendistribusian hasil – hasil pembangunan. Untuk menjamin supaya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dapat berkembang dengan baik, diperlukan melihat  kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada pemasaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisisnya, menggunakan metode analisis SWOT yaitu metode analisis data yang menunjukkan pengembangan usaha dapat ditentukan oleh kombinasi faktor eksternal dan internal yakni faktor kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunities), dan ancaman (threats).Hasil penelitian menunjukan bahwa UMKM Sinar Bulan sebagai produsen yang menghasilkan Opak Singkong. Sistem penjualannya langsung di tempat produksi (rumah industri) dan bukan sebagai distributor atau penyalur. Kekuatan yang dapat diandalkan UMKM Opak Singkong Sinar Bulan yaitu keunggulan produk dan memiliki brand yang legal. Kelemahan yang ada di miliki UMKM Opak Singkong Sinar Bulan yaitu tidak menggunakan jasa promosi atau iklan dan sistem penjualan hanya dilakukan di lokasi produksi. Peluang terbesar yang mungkin dapat diperoleh  UMKM Opak Singkong Sinar Bulan yaitu dapat menguasai pasar monopolistic. Ancaman terbesar yang dihadapi UMKM Opak Singkong Sinar Bulan yaitu daya beli konsumen menurun dan kecenderungan masyarakat  terhadap supermarket. UMKM Opak Singkong Sinar Bulan mampu berada pada daerah V (Pertumbuhan/Stabilitas). Hal ini berarti UMKM Opak Singkong Sinar Bulan berada pada titik normal, ditandai dengan memfokuskan pengembangan produk yang dimilikinya. strategi pemasaran yang digunakan pada UMKM Opak Singkong Sinar Bulan adalah salah satu dari jenis strategi yaitu “keunggulan produk”


 

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Alfi Amalia, Wahyu Hidayat, Agung Budiatmo, 2011. Analisis Strategi Pengembangan Usaha Pada Ukm Batik Semarangan Dikota Semarang”, Dalam Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis
Aminudin Aziz, Fathul, Manajemen dalam perspektif islam, (Majenang, Pustaka ELBayan, 2012), hlm. 192-194
Adhe Anggreini Saragi. 2016. “Strategi Pengembangan Usaha Kecil Menengah Sektor Industri Kerajinan Batu Bata Berdasarkan Analisis Swot” ( Kasus Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta)”, Skripsi, Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Ayie Eva Yuliana, “Strategi Pengembangan Industri Kecil Kerajinan Genteng Di Kabupaten Kebumen” Skripsi, Yogyakarta: UNES Universitas Negri Semarang, 2013, Hlm. 87.
Edy Suandi Hamid, 2017. “Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah di profinsi daerah istimewa yogyakarta” Dalam Jurnal Ekonomi Pembangunan Volume 12, Nomor 1, Juni (2011), Hlm. 45-55, Dalam https://publikasiilmiah.ums.ac.id