PENGARUH PELAYANAN PUBLIK DAN PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KINERJA PEGAWAI KANTOR DESA PANTAI CERMIN KIRI KECAMATAN PANTAI CERMIN

Isi Artikel Utama

Hasmayani Arcan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pelayanan Publik Dan Persepsi Masyarakat Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Desa Pantai Cermin Kiri Kecamatan Pantai Cermin. Populasi dalam penelitian ini yaitu masyarakat di Desa Pantai Cermin Kiri Kecamatan Pantai Cermin  sebanyak 4000 responden. Jumlah sampel 98 masyarakat di Desa Pantai Cermin Kiri Kecamatan Pantai Cermin. Teknik analisis data yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan kuesioner yang diberikan kepada responden. Data diolah menggunakan SPSS 20.0 for windows. Teknik analisis data yang digunakan adalah Regresi Linear berganda, dengan Y = 21.936 + 0.358 X1+0.310X2+ e. Hasil analisis diperoleh nilai t hitung untuk variabel Pelayanan Publik (X1) sebesar 4.225jika dibandingkan dengan nilai t tabel yang sebesar 1.661. Maka t hitung yang diperoleh lebih besar dari nilai t tabel atau 4.225> 1.661. Variabel persepsi masyarakat (X2) sebesar 4.193jika dibandingkan dengan nilai t tabel yang sebesar 1.661. Maka t hitung yang diperoleh lebih besar dari nilai t tabel atau 4.193> 1.661, kemudian terlihat pula bahwa nilai sig lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 atau 0.000 <  0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga variabel X1, X2 memiliki kontribusi terhadap Y. Nilai t positif  menunjukkan bahwa X1, X2 mempunyai hubungan yang searah dengan Y. Jadi dapat disimpulkan variabel pelayanan public persepsi masyarakatberpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Nilai f hitung adalah 465.812dan nilai F hitung 465.812> F tabel 2.70 hal ini menunjukkan bahwan Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel independen X1, dan X2 secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen Y. Nilai Ajusted R Square sebesar 0.906. Hal ini berarti bahwa pengaruh variable X1 dan X2 terhadap variable Y adalah sebesar 90.6%, sedangkan sisanya sebesar 0.940 atau 9.4% dipengaruhi variable lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

A. A. Anwar Prabu Mangkunegara. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Agus Dwiyanto. et. Al., 2017 .Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia. Yogyakarta. Hal. 79.
Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Jakarta: Rineka Cipta.
Alex Sobur, 2015 Psikologi Umum dalam Lintas Sejarah, (Bandung: Pustaka Setia, ), h. 445.
Abdul Rahman Saleh, 2015 Psikologi Suatu Pengantar Dalam Prespektif Islam, (Jakarta: Kencana, ), h. 110.
Hardiansyah. 2018. Kualitas Pelayanan Publik (Edisi Revisi). Yogyakarta: Gava Media
Husaini Usman dan Purnomo, 2016. Metodologi Penelitian Sosial. Penerbit Bumi Aksara : Jakarta