Preferensi Konsumen Terhadap Model Kombinasi Atribut Minuman Kopi Hitam Di Kota Medan

Isi Artikel Utama

Farida Yani
Diah Wiyani Budiwan

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui preferensi konsumen melalui model kombinasi atribut minuman kopi  hitam di kota Medan. Jumlah responden dalam mengkonsumsi kopi hitam  di daerah penelitian, adalah 100 responden. Alat analisis selanjutnya yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis conjoin dengan menggunakan bantuan software SPSS. Analisis ini digunakan untuk mengetahui kombinasi atribut minuman kopi hitam yang didapat berjumlah 432  kombinasi, Untuk mengatasi hal tersebut, maka bentuk desain yang digunakan bukan full factor design tetapi fractional fractorial design. Maka dengan desa ini akan didapat sebagian dari seluruh kombinasi produk dipilih yang benar-benar berpengaruh terhadap efek utama dan desa ini dikenal dengan nama orthogonal array. Setelah menggunakan desain orthogonal maka jumlah kombinasi atribut dapat disederhanakan menjadi 16  kombinasi, agar memudahkan bagi konsumen untuk memberikan gambaran preferensinya terhadap minuman kopi hitam.Adapun komposisi dari keenam atribut tersebut adalah penyajian, citarasa, aroma, ampas, harga, seduh. Hasil dari penelitian ini adalah kombinasi atribut paling disukai pilihan responden adalah kombinasi nomor lima (5) yaitu minuman kopi hitam dengan komposisi level atribut penyajian minuman kopi hitam murni dengan gula, bercita rasa nikmat pahit, beraroma tajam dan khas, berampas sedang, dan harganya mahal dengan penyeduhan secara manual. Kombinasi yang paling tidak disukai adalah kombinasi nomor lima belas yaitu minuman kopi hitamdengankomposisi level atributpenyajianminuman kopi hitammurnitanpagula, bercita rasa nikmat pahit,aromanya kurang tajam dan kurang khas, berampas sedang,harganya terjangkau dengan penyeduhan secara manual.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Churchill, & Gilbert, A. (2013). Dasar-Dasar Riset Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Gudono. (2015). No TitleAnalisis Data Multivariate (edisi ke-). Yogyakarta: BPFE.

Hair, Anderson, T. B. (1995). Multivariate Data Analysis (Third edit). New York: Macmillan Publishing Company.

Nazir, M. (2011). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Simamora, B. (2004). Panduan Riset Prilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Surjandari, I. (2009). Conjoint Analysis : Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Universitas Tri Sakti.