ANALISIS PENDAPATAN DAN PEMASARAN USAHA TANI TOMAT DI DESA MANGGA II KECAMATAN TANJUNG BERINGIN KABUPATEN SERDANG BEDAGAI

Isi Artikel Utama

Samsul Bahari

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah  untuk menganalisis dan mengetahui pendapatan dan pemasaran usaha tani tomat di Desa Mangga II Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Mangga II. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah berjumlah 40 petani tomat, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus sensus dengan jumlah 40 petani tomat. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya pendapatan tomat rata-rata Rp. 2.828.659,16 dan pemasaran tomat yang digunakan di lokasi penelitian ini hanya sampai pedagang local. Margin pemasaran yang diperoleh pengepul adalah Rp. 1.000,00 kg . Keuntungan pemasaran yang diperoleh pengepul sebesar 1.419,33 kg

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Agung, I. Gusti Ngurah, dkk. 1994. Teori Ekonomi Mikro (Suatu Analisis Produksi Terapan), Jakarta: Lembaga Penerbitan Fakultas Ekonomi UI.
Ahyari, Agus. 1998. Manajemen Produksi, Perencanaan Sistem Produksi. Yogyakarta : FE-UGM.
Djojohadikusumo, Sumito. 1995. Ekonomi Umum I, Asas-asas Teori dan Kebijaksanaan. Jakarta: PT.Pembangunan.

Noviani, N., & Wahyuni, S. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Sayuran Hidroponik Merek Papamama Farm. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 1(1), 29-42.
Soekartawi, Prnsip-prinsip dasar Ekonomi Pertanian (Jakarta : PT. Raja Grafindo, 1993), h, 57.