STRATEGI PEMASARAN UBI KAYU DI DESA PEGAJAHAN (Studi Kasus di desa pegajahan kecamatan pegajahan kabupaten serdang bedagai)

Main Article Content

Julkifli Napitupulu
Sri Wahyuni
Dian Habibie

Abstract

ABSTRAK


 


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi strategi pemasaran ubi kayu (Manihot esculenta), menganalisis strategi pemasaran yang telah dilakukan oleh petani  ubi kayu (Manihot esculenta) dan rumusan strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan dan memperluas pangsa pasar ubi kayu (Manihot esculenta) di Desa Pengajahan Kecamatan Pengajahan Kabupaten Serdang Bedagai. Penelitian ini menggunakan metode survey. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 22 orang. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada faktor internal yaitu kekuatan memiliki skor dengan nilai 1,77 dan kelemahan memiliki skor dengan nilai 1,57, sehingga jika dikurangkan maka hasilnya akan 0,20. Sedangkan pada faktor eksternal yaitu peluang memiliki skor dengan nilai 1,71 dan ancaman memiliki skor dengan nilai 1,56, jika skor yang diperoleh dari peluang dan ancaman dikurangkan maka hasilnya akan 0,15. Hasil dari diagram analisis SWOT menunjukkan titik koordinat (0,20 : 0,15) hal ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran petani ubi kayu (Manihot esculenta) di Desa Pengajahan Kecamatan Pengajahan Kabupaten Serdang Bedagai berada pada kuadran I yang merupakan suatu situasi yang nilai rata-ratanya menguntungkan karena memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan kesempatan yang ada.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Amalia, I.S., Dini Rochdiani, dan Budi Setia, 2020. Strategi Pemasaran Usaha Kerupuk Lepit Di Desa Darmacaang Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 7(3), pp.809–828..

Amir, M. Taufiq, 2005, Dinamika Pemasaran: Jelajahi & Rasakan, Raja Grafindo Persada, Jakarta

Badan Pusat Statistik (BPS), 2020. Produksi Ubi Kayu Di Sumatera Utara Tahun 2020. Sumatera Utara : Badan Pusat Statistik
Beierlein, J.G., dan M.W. Woolverton, 1991, Agribusiness Marketing (The Management Perspective), Prentice Hall , Englewood Cliffs, New Jersey.
Dewi, I.N. and Hapsari, E., 2019. Manfaat Ubi Kayu Dalam Pemenuhan Kebutuhan Hidup Petani Hkm Wana Lestari I, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Hutan Pulau-Pulau Kecil, 3(2), pp.136–147.
Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, 2020. Luas Areal Lahan Pertanian Kabupaten/Kota Provinsi Aceh Tahun 2010-2020.

Hindarti, S. and L.R.M., 2020. Agribisnis Bawang Merah. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Hodijah, S., I.K.S., and Dukat, D., 2018. Strategi Pemasaran Tahu Lamping ‘Cahaya Rasa’ (Kasus di Home Industri ‘Cahaya Rasa’ Desa Manislor, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan). Jurnal Agrijati, [online] 32(1), pp.22–35.
Ihsan, dkk, 2014. Karakterisasi Ubi Kayu Lokal (Manihot Utilissima L.) Gunung Kidul.
Kohls, R.L dan J.N Uhl. 1985. Marketing of Agricultural Products. New York: The Macmillan Company.
Kotler, Philip, 2004, Manajemen Pemasaran, Prenhallindo, Jakarta.
Mubyarto. 1989, Pengantar Ekonomi Pertanian, LP3ES, Jakarta
Melani. 2017. Efisiensi Pemasaran Kentang di Desa Cikandang Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut. Departemen Agribisnis. Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor. Bogor.
Mustafa, Amirul, Liosten R.R.U.T, Widyawati, and Eny H., 2022. Strategi Pengembangan Wisata Air D’ganjaran Desa Sambi Bulu Kabupaten Sidoarjo. Jawa Tengah: Penerbit Lakeisha.
Novita, dkk, 2015. Analisis Pendapatan Pengerajin Olahan Ubi Kayu Di Kecamatan Pegajahan.

Sudiyono, A. 2004. Pemasaran Pertanian. UMM Press. Malang.
Sudiyono, A. 2002. Pemasaran Pertanian. Muhammadiyah University Press. Malang.
Sudiyono, A. 2004. Pemasaran Pertanian. UMM Press. Malang.
Susilawati, dkk. 2008. Karakteristik Sifat Fisik dan Kimia Ubi Kayu (Manihot esculenta) Berdasarkan Lokasi Penanaman dan Umur Panen Berbeda. Jurnal Teknologi Industri dan Hasil Pertanian Volume 13, No. 2, September 2008.
Setyorini, H., Masud, E., and Imam, S., 2016. Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT dan QSPM (Studi Kasus: Restoran WS Soekarno Hatta Malang). Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri, 5(1), pp.46–53.
Soekartawi. 2000. Pengantar Agroindustri. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.151 hal.
Wardhana, M. Y. (2021). Palm sugar production from Palm tree in Ger kz/.cxpxzcenggam village environment, Aceh. IOP Conf. Ser. Earth Environ. Sci, 644(012018), 1755-1315.