PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP DAYA BELI DAGING SAPI DI PASAR TRADISIONAL DELI TUA KECAMATAN DELI TUA KABUPATEN DELI SERDANG

Main Article Content

Muhammad Rafik Ali
Sri Wahyuni
Sugiar
Dian Habibie

Abstract

Pasar tradisional mempunyai peran penting dalam penyediaan berbagai macam daging termasuk daging sapi. Pasar tradisional menampung banyak penjual yang mewakili golongan pedagang menengah kebawah. Penyediaan daging sapi dengan berbagai atribut di pasar tradisional di Kecamatan Deli Tua dengan berbagai macam atribut akan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Dalam melakukan pembelian daging sapi, konsumen akan selalu memperhatikan atribut-atribut yang melekat pada daging sapi tersebut seperti warna daging, bagian daging, dan kandungan lemak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui karakteristik konsumen daging sapi  dan persepsi konsumen terhadap keputusan di pasar tradisional  Deli Tua di Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis data dalam penelitian ini merupakan upaya pengukuran secara kuantitatif dari hasil pengumpulan data yang bersifat kualitatif dan untuk selanjutnya dilakukan analisa atas hasil pengukuran menggunakan skala likert. Jawaban setiap item instrumen menggunakan gradasi sangat positif  sampai sangat negative.Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik konsumen daging sapi di pasar tradisional digambarkan melalui beberapa sebaran. Rata-rata berejenis kelamin perempuan dengan rentang umur 18-28 tahun dengan pekerjaan sebagai pegawai swasta dan pendapatan sebesar > Rp. 3.000.000. Konsumen memiliki persepsi yang sangat baik pada tolak ukur Gaya hidup (92,27%), Kandungan Gizi (90,67%), Lokasi (84,00%), Harga (84,00%), dan Tekstur (80,27%). Sedangkan Kualitas (78,67%), termasuk pada kategori baik terhadap keputusan pembelian. Rataan dari keseluruhan perhitungan indeks skor yaitu 83,74%. Maka persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian daging sapi di pasar deli tua dikategorikan sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Ega Jalu Nugroho dan Liska Simamora, 2021. Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Daging Sapi Di Pasar Raya I Salatiga. Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Kristen Satya Wacana, Jurnal ZIRAA’AH, Volume 46 Nomor 2, Juni 2021 Halaman 134-143.
Kotler, P. (2008). Manajemen Pemasaran (Edisi 12 J). Jakarta: Indeks. Kotler P dan Keller. 2007. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian Edisi Pertama. Jakarta (ID):Prentice Hall
Nanang Wirahady dan Isra Azis G. 2021. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Jumlah Pembelian Daging Sapi Di Pasar Sentral Kota Makassar. Jurnal Peternakan Lokal: Volume 3, No. 1, Maret 2021, Makasar
Swasta, B., dan T.H. Handoko., 2000. Manajemen Pemasaran: Analisa dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.
Windy Alisa, 2023. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Peril;aku Konsumen dalam Membeli Daging Sapi di Kota Solok, Skripsi Fakultas Peternakan Universitas Andalas Padang