ANALISIS USAHATANI DAN SISTEM PEMASARAN SEMANGKA

Main Article Content

Hendra Hidayah
Leni Handayani

Abstract

Analisis Usahatani dan Sistem Pemasaran Semangka (Studi Kasus : Desa Arapayung, Kecamatan Pantai Cermin,Kabupaten Serdang Bedagai), Hendra Hidayah. Rumusan masalah pada penelitian Bagaimana analisis usahatani dan sistem pemasaran semangka terhadap pendapatan petani di Desa Ara paying Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai. Metode penentuan daerah penelitian secara purposive (sengaja), sampel dalam penelitian ini adalah petani di Desa Arapayung,Analisis data pada perumusan masalah menggunakan fungsi Cobb Dauglas, rumus penerimaan,rumus keuntungan dan rumusan alisis R/Cratio kelayakan usahatani semangka.Hasil penelitian variabel independent (X1,X3,X4danX5) secara serempak berpengaruhnyata terhadap pendapatan petani semangka (Y) pada tingkat kepercayaan 95% yaitu(253,498>2,060).Secaraparsial variabel sewa lahan (X1), benih (X3), pupuk (X4) dan pestisida (X5) berpengaruh nyata terhadap pendapatan petani semangka,tenaga kerja (X2) tidak berpengaruh nyata terhadap pendapatan petani semangka (Y). KoefisienDeterminasi (????2) menunjukkan nilai sebesar 0,949 artinya variabel independent(X1, X3, X4 dan X5) secara serempak mampu memberikan penjelasan terhadap pendapatan petani semangka sebesar 94,9%, sedangkan sisanya 5,1% dijelaskan  oleh variabel lain yang tidak dimasukkan kedalam estimasi.Adapun rata-rata pendapatan yang diperoleh oleh petani di daerah penelitian sebesar Rp. 17.562.345,- dari sewa lahan 0,65 ha.Usahatani tanamansemangka layak diusahakan karena nilai R/C rationya lebih besar dari satu (3,53>1).

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Fadholi Hernanto.2012.Ilmu Usaha Tani.Jakarta.Penebar Swadaya.
Hermanto,F.1998.Ilmu Usahatani.Penebar Swadaya,Jakarta.
Kalie.Mochd.Baga.2015.Bertanam Semangka.Penebar Swadaya.Jakarta
Kotler. 1995. Dasar-Dasar Tataniaga Pertanian, untuk kalangan Sendiri Fakultas Pertanian Universitas Medan Area. Medan.
Kotler.2004.Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan Implemtasi dan Kontrol Terjemahan Hendra Teguh.PT.GramediaJakarta.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 1997. Dasar-Dasar Pemasaran . Edisi ke VI Jilid I, Terjemahan, Intermedia Jakarta.
Kotler.2006.Dasar-Dasar Pemasaran Pemasaran. Edisi keenam Jilid I Terjemahan.IntermediaJakarta.
Leliana. 2000. Analisis Manajemen Strategi Perusahaan Benih Padi PT. SangHyang Seri Cabang Lampung. Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor.Bogor
Margono(204). Ilmu Usahatani.Penerbit Alumni.Malang.
Miswan. 2010. Ekonomi Pemasaran dalam Pertanian. Yayasan Obor Indonesia dan PT. Gramedia Jakarta.
Pasaribu.1992.Prinsip Ekonomi (TerjemahanYohannesLamarto).Erlangga Jakarta.
Ramlan Surbakti(2002).Riset Keuangan Pengujiaan-Pengujian Empiris.Gramedia Pustaka UtamaJakarta.
Samadi.B.2010.Semangka Tanpa Biji.Kanisius Yogyakarta.

Sajogyo.2012.Garis Kemiskinan dan KebutuhanMinimumPangan.Yogyakarta.
Aditya Media