Dampak Covid-19 Terhadap Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama

  • Fauziyah Nahdah Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • abdul mujib Universitas Muslim Nusantara AL-Washliyah

Abstrak

Pembelajaran matematika saat ini karena adanya covid 19 (Corona Virus Disease) maka pembelajaran sangat tidak efisien dan dan tidak dapat bertatap muka secara langsung antara guru, siswa dan teman-temannya. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak covid-19 terhadap pembelajaran matematika sekolah menengah pertama. Penelitian ini dilakukan dengan cara mewawancarai guru dan siswa tingkat SMP. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana dampak covid-19 terhadap pembelajaran matematika sekolah menengah pertama. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan oleh guru dan siswa di sekolah Madrasah  Tsanawiyah Swasta 32 (MTsS 32) Al-Wasliyah Sei Bamban. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Sistem pembelajaran daring ini mau tidak mau harus tetap dilakukan ditengah pandemic covid-19. Sebab, tidak mungkin siswa dibiarkan libur panjang hingga menunggu pandemi covid-19 berakhir. Pembelajaran daring sangat membantu melanjutkan proses belajar mengajar ditengah pandemic covid-19. Hampir semua sekolah melakukan proses pembelajaran secara daring agar pendidikan bisa tetap berjalan.

 

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Aji (2020), "Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran." SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i.

Arikunto, Suharsimi (2014), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Arikunto, S., 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 6. Jakarta : Rineka Cipta.
Dewi, Wahyu Aji Fatma (2020), "Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar." Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Fathoni, Abdurrahmat (2020), Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung:Rineka Cipta.
Hasanah, Aan, et al (2020), "Analisis aktivitas belajar daring mahasiswa pada pandemi Covid-19”.
Komalasari, Kokom (2013), Pembelajaran Kontekstul : Konsep dan Aplikasi. Bandung : PT Refika Adiatama.
Moleong, Lexy J (2007), Metodologi Penelitian Kualitatif , Penerbit PT Remaja Rosdakarya Offset, Bandung.
Muhsetyo, Gatot (2008), Pembelajaran Matematika SD. Jakarta : Univeritas Terbuka.
Mulyasa (2013), Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Nakayama, M ; Yamamoto, H (2007), Dampak Karakteristik Peserta Didik Terhadap Kinerja Pembelajaran di Mata Kuliah Hibrid di antara Siswa Jepang.
Patilima (2005), Teknik Analisi Data. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Purwanto (2020), Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar.
Sugiyono (2015), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono (2012), Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : ALFABETA.
Susanto, Ahmad (2013), Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Umar, Husein (2005), Metode Penelitian Untuk Tesis dan Bisnis. Jakarta : Grafindo Persada.
Widiyani, R (2020), Latar Belakang Virus Corona, Perkembangan hingga Isu Terkini.
Sobana (2020), Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pendidikan dan Pelatihan Aparatur.
Diterbitkan
2023-12-31