Pengembangan Media Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran IPA Materi Daur Hidup Hewan Kelas IV Sekolah Dasar
Abstrak
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mendeskripsikan kelayakan media pop-up book mata pelajaran IPA materi daur hidup hewan kelas IV sekolah dasar dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan adanya media ini, diharapkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan berdasar pada nilai kevalidan, kepraktisan, efektivitas media yang diperoleh selama penelitian. Dalam prosesnya, digunakan ADDIE sebagai tahapan pengembangan yang mana terdiri dari 5 tahap, yakni tahap analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek dalam penelitian ini, yaitu validator ahli media, validator ahli materi dan validator ahli pembelajaran yang akan menilai kelayakan dari media Pop Up Book yang dikembangkan. Adapun objek dalam penelitian ini, yaitu media Pop Up Book mata pelajaran IPA materi daur hidup hewan di kelas IV yang dikembangkan. hasil penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa peneliti dan pengembangan menggunakan tahapan-tahapan dengan model ADDIE dengan demikian peneliti hanya menggunakan 3 tahapan dengan Langkah-langkah analysis (Analisis), Design (Desain), Development (pengembangan) yang telah menghasilkan produk berupa media Pop-Up Book pada tema metamorfosis untuk kelas IV SD Berdasarkan hasil skor dari kelayakan media pembelajaran Pop-Up Book yang sudah divalidasikan oleh ahli media skor 77%, ahli materi skor 94% dan tanggapan guru skor 94% tersebut, maka pengembangan media pembelajaran Pop-Up Book pada tema metamorfosis yang dikembangkan oleh peneliti tersebut masuk dalam kategori Sangat Layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas IV SD.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Baharuddin, dkk. (2017). “Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing dengan Tugas Proyek Materi Sistem Ekskresi Untuk Menuntaskan Hasil Belajar Siswa SMP” Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA (JIPI). Vol. 1, No.1.
Desi, R. (2020). Pengembangan Pop-Up Book Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Struktur Atom di SMA Inshafuddin Banda Aceh. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Elisa, D. M., & Luh, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha. 6(2), 212-221.
Erica, S. (2021). Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran PKN Di SD. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 110-122.
Fika, Zulfa. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Audio Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Untuk Siswa SMP/MTs KELAS VII. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Jember Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
Hidayat & S. Khayroiyah. (2018). Pengembangan Desain Didaktis Pada Pembelajaran Geometri. Jurnal MathEducation Nusantara. 1 (1), 15-19.
Jannah, F. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit di SMA Negeri 1 Tapak Tuan, Skripsi, Banda Aceh: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
Lestari, A. D., Mujib, A., & Desniarti, D. (2023). Learning Obstacle Siswa Kelas XI SMP Pada Materi Garis Singgung Lingkaran. Jurnal MathEducation Nusantara, 6(2), 127-137.
Menrisal, M., & Putri, H. M. (2018). Perancangan dan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Pemrograman Dasar. Jurnal Pti (Pendidikan dan Teknologi Informasi), 5(2), 21–30. https://doi.org/10.35134/jpti.v5i2.10 .
Mifta & Nurizzati, (2017), Pembuatan Komik Metamorfosis Kupu-Kupu Untuk Anak Sekolah Dasar Kelas Tinggi, Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipa, 6(1), 59-60.
Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 5(5), 3928-3939.
Putri, R. N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD/MI. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Rangkuti, C. J. S., & Sukmawarti. 2022. Problematika Pemberian tugas Matematika Dalam Pembelajaran Daring. IRJE Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 565-572.
S Latifah, Yuberti, V Agestiana. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis HOTS Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol. 11 No.1
Sinta & Harlinda, S.(2020). Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran IPA di SD. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 16-28
Siregar, R. N., Suryadi, D., Prabawanto, S., & Mujib, A. (2024). Improving Mathematical Problem-Solving Abilities through Think Pair Share Learning Using Autograph. KnE Social Sciences, 468-481.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Sukmawarti, Hidayat (2020). Cultural-Based Alternative Assessment Development in Elementary School Mathematics. Advances in Social Science, Education and Humanities Research,
Sutarmi, K., & Suarjana, I. M. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Problem Solving dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 75. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i2.10141 .
Tri W, & Henry P. (2019). Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Mata Pelajaran IPA BAB Siklus Air dan Peristiwa Alam Sebagai Penguatan Kognitif Siswa. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan Vol 2 No (2).