Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Menggunakan Soal Cerita Materi FPB dan KPK Ditinjau Dari Gaya Belajar di MIS Elsusi Meldina

  • Anggi Ramadhani Siregar Universitas Muslim Nusantara AL-Washliyah
  • Sujarwo Universitas Muslim Nusantara AL-Washliyah

Abstrak

Saat peneliti melakukan observasi di MIS Elsusi Meldina peneliti melihat kemampuan berfikir kritis belum terlalu direalisasikan. Terlihat guru lebih cenderung menggunakan metode konvesional, sering duduk untuk menerangkan dan menulis di papan tulis seperlunya saja, serta banyaknya tugas yang diberi mengakibatkan siswa lebih pasif dan kurang mengasah berfikir krtis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana kemampuan berfikir kritis siswa kelas V dari gaya belajar visual, (2) mengetahui bagaimana kemampuan berfikir kritis siswa kelas V dari gaya belajar auditori, (3) mengetahui bagaimana kemampuan berfikir kritis siswa kelas V dari gaya belajar kinestetik. Penelitian dilakukan dengan kualitatif dengan jenis penelitian study kasus di MIS Elsusi Meldina, dengan melakukan observasi, menyebarkan angket gaya belajar, menentukan subjek dengan diskusi mendalam oleh guru kelas, guru matematika, peneliti. Melakukan tes berfikir kritis serta wawancara mendalam untuk mengetahui kategori berfikir kritisnya. Hasil analisis menunjukkan setelah melakukan tes soal kemampuan berfikir kritis dan wawancara Subjek S-01 merupakan siswa gaya belajar visual setelah melakukan tes soal kemampuan berfikir kritis dan wawancara S-01 termasuk kategori tinggi dengan persentase 63.89%. Subjek S-02 siswa gaya belajar auditorial termasuk kategori tinggi dengan persentase 66.67%. Subjek S-03 merupakan siswa gaya belajar kinestetik setelah melakukan tes soal kemampuan berfikir kritis dan wawancara S-03 termasuk kategori cukup dengan persentase 55.55%. Penentuan kategori berdasarkan teori model berpikir kritis Paul & Elder.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Agnafia, D. N (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi. Ngawi: STKIP Modern Ngawi.
Benyamin, B., Qohar, A., & Sulandra, I. M. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMA kelas X dalam memecahkan masalah SPLTV. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 909-922.
Febriani, N. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Ditinjau Dari Gaya Berpikir Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Kelas VIII SMPN 1 Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015.
Hakima, N. I. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa ditinjau dari gaya belajar tipe Kolb pada materi bilangan bulat. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 1-10.
Huda, S., Mujib, A., & Ramdhani, S. (2024). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aljabar Ditinjau dari Gender. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 13(1), 31-40.
Istijanto. (2005). Riset Sumber Daya Manusia (Cara Praktis Mendeteksi Dimensi – Dimensi Kerja Karyawan). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Irwan, I., Zahari, C. L., & Mujib, A. (2023). Profil Kemampuan Representasi Matematis Siswa MTs. Muallimin Univa Medan. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4(2), 260-266.
Khasanah, Nurul. et al. (2017). Analisis Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Lingkaran. Skripsi: STKIP PGRI Pacitan.
Priyatna, A.(2013). Pahami Gaya Belajar Anak Memaksimalkan Potensi Anak Dengan Modifikasi Gaya Belajar. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.
Purwati, R. (2016). Analisis Kemampuan berfikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah persamaan kuadrat pada pembelajaran model creative problem solving. Jurnal Kadikma 7(1), 84-91.
Retnowati, Dwi. et al. (2016). Proses Berpikir Kritis Siswa Kelas Xi Farmasi Smk Citra Medika Sragen Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. 4(1), 105-116.
Riska. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar pada Kelas Viii SMP Batara Gowa. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univ. Muhammadiyah Makassar.
Sari, R. N. (2019). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Matematika dengan Menggunakan Graded Response Models (GRS). Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung.
Subini, N. (2013). Rahasia Gaya Belajar Orang Besar.Jogjakarta: Javalitera
Sujarwo, S. (2016). Potensi kecenderungan cara belajar visual terhadap prestasi belajar mahasiswa. Jurnal penelitian pendidikan mipa, 1(1), 34-37.
Wilujeng, S., & Sudihartinih, E. (2021). Kemampuan berpikir kritis matematis siswa smp ditinjau dari gaya belajar siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 6(2), 53-63.
Diterbitkan
2024-03-31