Pengaruh Penggunaan Model PBL (Problem Based Learning) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Materi Penjumlahan Pecahan Siswa Kelas 4 SDN 102025 Rambung Sialang Sawit

  • Mei Astika Universitas Muslim Nusantara AL-Washliyah
  • Hidayat Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan membuktikan pengaruh motivasi dan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model PBL dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model konvensional dalam pembelajaran matematika materi penjumlahan pecahan. Rancangan penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan desain non-equivalent control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas 4 A dan kelas 4 B SDN 102025 Rambung Sialang Sawit yang seluruhnya berjumlah 36 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas 4 A sebagai kelas eksperimen dan kelas 4 B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan soal tes. Data yang diuji berasal dari rata-rata motivasi kelas eksperimen yaitu 33 dan kelas kontrol 28,23. Dan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yaitu 67,89 dan kelas kontrol yaitu 40,58. Setelah analisis prasyarat terpenuhi, maka dilakukan uji hipotesis menggunakan uji t Dengan taraf signifikan 0,05. Hasil uji t motivasi belajar diperoleh diperoleh nilai thitung sebesar 2,66 dan nilai ttabel sebesar 1,69092. Nilai thitung > ttabel (2,66 > 1,69092) maka Ha diterima. Sedangkan hasil uji t hasil belajar diperoleh nilai thitung sebesar 6,75 dan nilai ttabel sebesar 1,69092. Nilai thitung > ttabel (6,75 > 1,69092) maka Ha diterima. Berdasarkan perhitungan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model PBL terhadap motivasi dan hasil belajar materi penjumlahan pecahan siswa kelas 4SDN 102025 Rambung Sialang Sawit.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

A, M, Sadirman. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: Rajawali Pers.
Abdul Majid. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.
Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kenana.
Ainurrahman. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Aprida Pane & Muhammad Darwis D. (2017) Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 03(2)
Asis Saefuddin & Ika Berdiati. (2014) Pembelajaran Efektif. Bandug: Pt. Remaja Rosdakarya.
Depdiknas, (2004) Pedoman Pembelajaran Tuntas (Mastery Learning). Jakarta .
Faisal, (2014). Sukses Mengawal Kurikulum 2013 di SD (Teori dan Aplikasi). Yogyakarta: Diandra Creative.
Hatim Riyanto. (2009). Pradigma baru pembelajaran sebagai referensi bagi pendidik dalam implementasi pembelajaran yang efektif dan berkualitas. Jakarta: Pranamedia Group.
Herawati, I., Afnaria, A., Rambe, I. H., & Yusuf, R. (2023). Pengembangan Lkpd Berbasis Blended Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Trigonometri di SMA. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 374-388.
Herwanto, H., Mujib, A., & Karnasih, I. (2020). Pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik (PMR) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar siswa SMP. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 72-77.
Hidayat, A., Mujib, A., & Muslihah, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint Untuk Keterampilan Membaca Intensif Melalui Model Pengembangan Borg Dan Gall. JPPM Jurnal Penelitian dan Pengabadian Masyarakat, 1(1), 159-167.
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Bumi Aksara.
Hotimah, H. (2020). Penerapan metode pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan kemampuan bercerita pada siswa sekolah dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5-11.
Ibrahim, Muslimin & Nur, (2000). Pembelajaran Berbasis Masalah. Surabaya: UNESA.
Islamiati, A., & Masniladevi. (2021). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar perkalian dan pembagian pecahan di kelas V SD negeri 21 Payakumbuh. Journal of Basic Education Studies, 4(2), 317-328.
Isro’atun & Amelia Rosmala. (2018) Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara
Joyoleksono, S.K., dkk. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Profesi Keguruan, 8(1), 85-96.
Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Rosda Karya.
Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV PUSTAKA SETIA.
Muhibbin Syah. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Noer Fadlan, M. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Dribbling Bola Basket. Jurnal Ilmiah Sport Coaching And Education, 1, 102-109.
Nurfiyanti, P. E., Yennita, & Jumiarni, D. (2018). Penerapan model problem based learning (PBL) pada materi program linear untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Peneletian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(2), 1-7. https://doi.org/10.36312/e-saintika.vli2.105
Sani, R. A. (2015). Pembelajaran santifik untuk implementasi kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Sardiman. A.M. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Bandung: Rajawali Perss.
Shoimin Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Siska, A., Mujib, A., & Putri, D. A. P. (2022). Pengaruh Motivasi Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Sekolah Batam (Studi Pada Sdn 005 Sekupang Batam). Jurnal Dedikasi Pendidikan, 6(1), 93-106.
Suhada, F., & Ahmad, S. (2020). Pengaruh problem based learning terhadap hasil belajar operasi pecahan di kelas V SD. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD,8(8), 289-299.
Sukajati. (2008). Pembelajaran Operasi Penjumlahan Pecahan di SD Menggunakan Berbagai Media. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Tomas, & Tego, P. (2020). Pengaruh penggunaan model problem based learning (PBL) terhadap motivasi belajar matematika pada siswa kelas 4 SD. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 03(01), 13-18.
Diterbitkan
2023-12-31