Pengembangan Media Papan Susun Kata Pada Tema 5 Subtema 1 Membaca Menulis Permulaan di Kelas I SDN 067257
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Media Papan Susun Kata yang layak digunakan pada proses pembelajaran tematik Tema 5 Subtema 1 Membaca Menulis Permulaan Di Kelas I SDN 067257. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan prosedur pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap. Akan tetapi dalam penelitian ini peneliti melaksanakan prosedur pengembangan ADDIE hanya sampai tahap ke 3, yaitu Development (Pengembangan). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket atau kuesioner yang diberikan kepada beberapa penelaah ahli, yaitu validator ahli media, validator ahli materi dan validator ahli pembelajaran. Skor validasi yang didapatkan dari validator ahli media sebesar 95 dengan kategori “Sangat Layak”. Skor kelayakan dari ahli materi sebesar 81,06 dengan kategori “Sangat Layak”. Skor kelayakan dari ahli pembelajaran sebesar 84 dengan kategori “Sangat Layak”. Dari skor tersebut dapat dikatakan bahwa media Papan Susun Kata pada tema 5 Subtema 1 Membaca Menulis Permulaan yang dikembangkan sudah “Sangat Layak” untuk digunakan pada proses pembelajaran.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Govin & Dara Fitrah Dwi. 2023. Pengembangan Media Videoscribe Dengan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Tematik Tema 7 Perkembangan Teknologi Kelas III SD.
Hamzah, F., & Mujib, A. (2022). Efektivitas Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Schoology Pada Pelajaran Matematika. Tesis. UMN Al-Washliyah
Herawati, I., Afnaria, A., Rambe, I. H., & Yusuf, R. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis Blended Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Trigonometri di SMA. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 374-388.
Hidayat dan S. Khayroiyah. 2018. Pengembangan Desain Didaktis Pada Pembelajaran Geometri. Jurnal MathEducation Nusantara Vol. 1 (1), 2018, 15-19. https://jurnalpascaumnaw.ac.id/index.php/JMN/article/view/2/2
Karina & Sujarwo. 2023. Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbasis Masalah Pada Materi Penyajian Data dalam Bentuk Diagram Batang. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA (JP2MIPA) Volume 7 Nomor 2. https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP2MIPA/article/view/1849
Nanda Yulia Fitri & Sukmawarti. 2022. Pengembangan Media Geometri Berbantuan Software Geogebra Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Koordinat Untuk Mempermudah Siswa Kelas V. Indonesian Research Journal on Education: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 2 No 1. https://irje.org/index.php/irje/article/view/187
Novia Silvani & Beta Rapita Silalahi. 2023. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Lintas Budaya Pada Tema “Keragaman Budaya Bangsaku” di Kelas IV SD. Indo Green Journal Volume X No. X.
Rangkuti, C. J. S., & Sukmawarti. 2022. Problematika Pemberian tugas Matematika Dalam Pembelajaran Daring. IRJE Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 565-572.
Ria Alda & Hasanah. 2023. Analisis Model Project Based Learning Terhadap Kreativitas Siswa Pada Tema Benda-Benda di Sekitar Kita di Kelas V SD Negeri 067092 Medan. Jurnal Inovasi Penelitian Vol. 3 No. 9.
Sukmawarti & Siti Kayroiyah. 2019 Desain Asesmen Alternatif Matematika SD. Prossiding Seminar Hasil Penelitian Vol. 3 No. 1. https://e-prosiding.umnaw.ac.id/index.php/penelitian/article/view/611/600.
Sukmawarti, Hidayat, & Suwanto. 2021. Desain Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Problem Posing Pada Pembelajaran Metematika SD. Jurnal Matheducation Nusantara, 4(1), 10–18. https://jurnal.pascaumnaw.ac.id/index.php/JMN/article/viewFile/118/104
Sukmawarti, Hidayat, Lili Amelia Putri. 2022. Workshop Worksheet Berbasis Budaya bagi Guru MI Jami’atul Qamar Tanjung Morawa. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), Hal : 202-207. https://doi.org/10.54259/pakmas.v2i1.848
Wahyuni, G., Destini, R., & Mujib, A. (2023). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Berbasis Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Visual Siswa. Jurnal LENTERA: Jurnal Studi Pendidikan, 5(2), 39-52.