Analisis Kemampuan Siswa Dalam Proses Belajar Matematika Dengan Menggunakan Metode Steam Pada Peserta Didik Kelas IV Di SD Negeri 101931 Perbaungan

  • Sofia Mahliza Saragi Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Safrida Napitupulu Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
Kata Kunci: Metode Pembelajaran STEAM, Kemampuan Siswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Kemampuan Siswa dalam Proses Belajar Matematika dengan Menggunakan Metode STEAM pada Peserta Didik Kelas IV di SD Negeri 101931 Perbaungan. Penelitian ini bersifat kualitatif.  Partisipan dalam penelitian ini adalah 19 guru dan 18 siswa Kelas IV SD Negeri 101931 Perbaungan sebanyak 28. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif yaitu data yang diperoleh dari berbagai sumber, dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang bermacam-macam (triangulasi), yang dilakukan secara terus-menerus. Berdasarkan hasil penelitian dari sebaran kuesioner untuk penggunaan metoe pembelajaran STEAM yang disebar ke guru, diketahui bahwa guru yang menyatakan sangat setuju pada seluruh pernyataan ada 10 orang atau 52.6%. Guru yang menjawab setuju sebanyak 4 orang atau 21.1%. Guru yang menjawab tidak setuju sebanyak 1 orang atau 5.3% dan guru yang menjawab sangat tidak setuju ada 4 orang atau 21.1%. Hal tersebut membuktikan bahwa penggunaan metode pembelajaran STEAM sangat perlu untuk diterapkan karena memiliki dampak yang baik bagi siswa. Berdasarkan penelitian juga diketahui bahwa kemampuan siswa dalam proses belajar mengajar dengan metode STEAM sudah efektif. Hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang menjawab sangat setuju dan setuju dari angket yang diberikan. Adapun siswa yang menyatakan sangat setuju pada seluruh pernyataan yang diberikan ada 6 orang atau 33.3%. Siswa yang menjawab setuju sebanyak 8 orang atau 44.4% dan guru yang menjawab tidak setuju ada 4 orang atau 22.2%. Hal tersebut membuktikan bahwa siswa sudah mampu untuk melakukan proses belajar dengan metode pembelajaran STEAM.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Farisia, P.U, Titik, S, and Fajar S, H. (2020). Penerapan Teori Belajar Van Hile Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Luas Persegi, Persegi Panjang, dan Segitiga. Widiagogik. Vol. 7, no. 2 h.129.
Hasibuan, M. I. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Hasil Belajar Korespondensi Siswa Kelas X Di SMK Swasta Eria Medan. Journal Research and Education Studies. Vol. 4. No. 1
Namje, P & Yeonghae, K. (2020). Pembelajaran Pendidikan Komputer,‖ in Pembelajaran Pendidikan Komputer Metode Menggunakan Bahasa Pemrograman Pendidikan Berdasarkan Pendidikan STEAM. 1–7.
Napitupulu, S, & Diah A. (2020). Pengembangan Media Puzzle Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV SD 101899 Lubuk Pakam. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 1. No. 2
Olga, S, Tatyana, A, and Fairuza S. (2019). STEAM Sebagai Teknologi Pendidikan Inovatif Jurnal Penelitian Pendidikan Ilmu Sosial Eksperimen Dan Penelitian Ilmiah , Hingga Perpustakaan .Tugas Dan Masalah Teknik , Dan Untuk Menciptakan Masalah Hingga Tahap Akhir Kerja Praktek . Pendekatan Proyek Ter,‖ Jurnal Penelitian Pendidikan Ilmu Sosial. 10, no. 2. 1–14
Ratna W, U. (2018). Kemampuan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematik. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. 5, no. 3. h.188
Siti, Z and Universitas Negeri Malang. 2019. STEAM (Science, Technology , Engineering, Arts, and Mathematics): STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics): Pembelajaran Untuk Memberdayakan Keterampilan Abad Ke-21 1
Sujarwo, & Jenni S. (2022). Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol. 8. No. 1
Sukmawarti & CJS Rangkuti. (2022). Problematika Pemberian Tugas Matematika Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 2. No. 2
Diterbitkan
2023-09-30