Pengembangan Media Komik Menggunakan Model Picture And Picture Pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Di Kelas V SD
Abstrak
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media komik menggunakan model picture and picture pada tema 8 lingkungan sahabat kita yang layak digunakan pada proses pembelajaran di kelas V. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan prosedur pengembangan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Pada penelitian ini, peneliti melaksanakan prosedur pengembangan 4D hanya sampai pada tahap 3, yaitu pengembangan (development), karena fokus dari penelitian ini hanya untuk mengembangkan media komik menggunakan model picture and picture pada tema 8 lingkungan sahabat kita yang layak untuk digunakan pada proses pembelajaran. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket atau kuesioner yang diberikan kepada validator, yaitu validator ahli media, validator ahli materi dan validator ahli pembelajaran. Berdasarkan hasil validasi dari validator ahli media didapatkan skor sebesar 82,8. Dari hasil validasi ahli materi didapatkan nilai sebesar 86 dan dari hasil validasi ahli pembelajaran didapatkan nilai sebesar 88,2. Rata-rata nilai yang didapatkan dari keseluruhan penilaian ketiga validator ahli, yaitu 85,6. Merunut kriteria skor penilaian, maka dapat dikatakan bahwa media komik menggunakan model picture and picture pada tema 8 lingkungan sahabat kita yang dikembangkan Sangat Valid untuk digunakan pada proses pembelajaran.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Hidayat dan S. Khayroiyah. 2018. Pengembangan Desain Didaktis Pada Pembelajaran Geometri. Jurnal MathEducation Nusantara Vol. 1 (1), 2018, 15-19. https://jurnalpascaumnaw.ac.id/index.php/JMN/article/view/2/2
Hidayat, Sukmawarti, Suwanto. 2021. The application of augmented reality in elementary school education. Research, Society and Development, v. 10, n. 3, e14910312823. https://rsdjournal.org/index.php/rsd/article/view/12823 https://doi.org/10.33448/rsd-v10i3.12823
Indrawini, T, Amirudin, A, dan Widiati, U. (2014). Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar Tematik untuk MencapaiPembelajaran Bermakna bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan,Vol. 2, No. 11, 1489-1497. Malang: Universitas Negeri Malang.
Istarani. (2011). Model Pembelajaran Inovatif, Medan : Media Persada.
Muhroji, M., & Yusrina, H. (2018). Penggunaan Modul Pada Pembelajaran Tematik Di Sdn 1 Jimbung Klaten. Profesi Pendidikan Dasar.
https://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/6457
Rangkuti, C. J. S., & Sukmawarti. 2022. Problematika Pemberian tugas Matematika Dalam Pembelajaran Daring. IRJE Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 565-572. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/irje/article/view/3848
https://doi.org/10.31004/irje.v2i2.3848
Sardiman, 2006. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Pt. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmawarti, Hidayat (2020). Cultural-Based Alternative Assessment Development in Elementary School Mathematics. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 536.
https://www.atlantis-press.com/proceedings/icsteir-20/125954044 https://doi.org/10.2991/assehr.k.210312.046
Sukmawarti, Hidayat, & Suwanto. (2021). Desain Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Problem Posing Pada Pembelajaran Metematika SD. Jurnal Matheducation Nusantara, 4(1), 10–18.
https://jurnal.pascaumnaw.ac.id/index.php/JMN/article/view/118
https://doi.org/10.32696/jmn.v4i1.118
Sukmawarti, Hidayat, Lili Amelia Putri. (2022). Workshop Worksheet Berbasis Budaya bagi Guru MI Jami’atul Qamar Tanjung Morawa. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), Hal : 202-207.
https://journal.unesa.ac.id/index.php/jrpipm/article/view/18961
https://doi.org/10.26740/jrpipm.v6n1.p78-92