Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Melalui Media Kartu Pecahan di Kelas V SDN 050596 Kuta Parit

  • Safirah Aprilia Perangin-angin Universitas Muslim Nusantara AL-Washliyah

Abstrak

Pembelajaran matematika sering dianggap sulit oleh sebagian besar siswa kurangnya minat terhadap pembelajaran matematika menjadikan hasil belajar rendah. Penyampaian materi yang monoton serta kurangnya penerapan media pembelajaran menyebabkan siswa kurang memahami apa yang disampaikan guru. Disinilah pentingya penggunaan media pembelajaran terutama sesuai dengan usia siswa. Media kartu pecahan bisa menjadi salah satu alternatif dalam masalah ini. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar pada materi pecahan melalui penerapan media kartu pecahan di kelas V SD Negeri 050596 Kuta Parit. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 050596 Kuta Parit yang berjumlah 20 siswa dengan nilai KKM individual 75 untuk mata pelajaran matematika, sedangkan KKM klasikalnya adalah 80%. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, dan hasil tes. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa : Pada siklus I sebesar 67,75% dengan (kategori baik), Pada siklus II sebesar 71,00% dengan (kategori baik), dan Pada siklus III hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 84,00% dengan (kategori sangat baik).

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Agustin. Sujarwo. (2022). Hubungan antara Minat Baca dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 107428 Teluk Ibus. Jurnal Penelitian All Fields of Science J-LAS:
Arikunto, S. (2011). Manajemen Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara. Arsyad, A.(2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Dahrim. (1991). Materi Pokok Pendidikan Matematika 2. Jakarta: Departeman Pendidikan dan Kebudayaan
Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Djamarah, S.B.(2005). Guru Dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta :PT Rineka Cipta.
Fathani, A.H.(2009). Matematika: Hakikat & Logika. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Heruman. (2016). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Khairina P.Nurmairina. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Siswa Materi Peduli Terhadap Makhluk Hidup Di Kelas IV Upt Sd Negeri 066667 Medan Denai. Jurnal Ilmu Pendidikan
Khairina, Aulia Putri. Sujarwo. (2022). Pengaruh Model Brainstorming Berbantu Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Tematik Tema Globalisasi Di Kelas VI SDN No 105361 Lubuk Cemara. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu (JPPT): Vol. 4 No. 1 ..
Lentera (2011). Pembelajaran Matematika di SD. Diakses melalui http://lenterakecil.com/pembelajaran-matematika-di-sekolah-dasar.
Muhsetyo, G., dkk.(2008). Pembelajaran Matematika SD.Jakarta: Universitas Terbuka.
Liliani, Oca. Sukmawarti. Hidayat. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling:
Nainggolan, Rico Martua. Sujarwo. (2002). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Problem Base Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas 5 SD St Antonius Bangun Mulia Medan. Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat: Volume 2 Nomor 2.
Nasution, Indah Amina. Hasanah. 2023. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Operasi Bilangan Pecahan di Kelas IV SDN 101893 Bangun Rejo. Jurnal Inovasi Penelitian
Prihandoko, A.C.(2006). Memahami Konsep Matematika Secara Benar dan Menyajikannya dengan Menarik. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Purwanto.(2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ruseffendi.E.T., (2006).Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA, Bandung tarsito.
S.T Negoro dan Harahap, (2005).Ensiklopedia Matematika. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Silvia, Lisa. Samsul Bahri. 2022. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Kartu Flash Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Di Kelas IV SD Swasta Amalia Islamic School Medan Denai. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu.
Sriana, Jenni. Sujarwo.(2022). Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan.
Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sulardi (2008). Pandai Berhitung Matematika. Jakarta: Erlangga.
Sulardi. (2006). Pandai Berhitung Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas III. Jakarta: Erlangga
Wardani. Nurdalilah. Nasution, Hidayat & Ramadhani. (2022). Media Pembelajaran Permainan Lego Dalam Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa Pada Materi Pecahan Di SMP Swasta Pembangunan. Jurnal Atifani
Diterbitkan
2023-10-04