Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook dengan Model Cooperative Learning Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Pada Tema 5 Ekosistem Kelas V SD

  • Nita Mawarni Universitas Muslim Nusantara AL-Washliyah

Abstrak

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan media pembelajaran scrapbook dengan model cooperative learning tipe stad (student team achievement division) pada tema 5 ekosistem kelas V SD, (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran scrapbook dengan model cooperative learnig tipe stad (student team achievement division) pada tema 5 ekosistem kelas V SD, (3) Untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran scrapbook. penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan R&D dengan menggunakan model ADDIE. Sebjek dalam penelitian ini adalah validator ahli materi, validator ahli media dan siswa. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil validasi oleh ahli materi yaitu 76% termasuk ke dalam kategori “Layak”. Hasil validasi oleh ahli media yaitu 81,43% termasuk ke dalam kategori “Sangat Layak”. Hasil uji coba siswa mendapat skor 83 termasuk ke dalam kategori “Sangat Layak”. Hasil validasi respon siswa yaitu 93,33% termasuk ke dalam kategori “Sangat Layak”. Hasil validasi respon guru yaitu 94,28% termasuk ke dalam kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan hasil persentase dari ahli materi, ahli media , uji coba siswa, respon siswa dan respon guru, maka dapat di simpulkan penilaian yang didapatkan dari telaah ahli dapat dikatakan bahwa media pembelajaran scrapbook dengan model cooperative learning tipe stad (student team achievement division) pada tema 5 kelas V SD “Sangat Layak” digunakan pada proses pembelajaran di kelas V SD.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

A’yun, U. Q., Muharrami, L. K., Qomaria, N., & Wulandari, A. Y. R (2020). PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK BERBASIS PICTORIAL RIDDLE PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Natural Science Education Research, 2(3), 230-238.
AM, I. A., Saputra, S. Y., & Amelia, D. J. (2018). Pembelajaran tematik integrative pada kurikulum 2013 di kelas rendah SD Muhammadiyah 07 Wajak. JlNop (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 4(1), 35-46.
Amalina, A. F. (2020). Pengembangan Media Scrapbook Dengan Penerapan Pendekatan Kontekstual Pada Muatan Pelajaran Ipa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Syntax Admiration, 1(5), 468-478
Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran.
Damayanti, M., &Zuhdi, U. (2017). Pengaruh Media Scrapbook (Buku Tempel) Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Keragaman Rumah Adat di Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 254531.
Dasopang, S & Darwis, U. (2023). Pengembangan Media Pakapindo Berbasis Saintifik Pada Pembelajaran Tematik Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku di Kelas IV SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 2(3), 321-328.
Hamdani, Dr., M.A. (2018). Strategi Belajar Mengajar. Cet ke 4. Bandung: Pustaka Setia.
Hasthishita, T., Kartini, K., & Bua, A. T (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Tema 7 Subtema 1 Pada Siswa Kelas IV Sdn 036 Tarakan. Jurnal Pendidikan Dasar Borneo (Jurnal Borneo), 2 (1), 94-102.
Hijjah. N., & Bahri. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Cerpen di Kelas V SD Negeri 064970 Medan Denai. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan. 1(1), 24-32.
Iqbal, M., Yandari, I. A., & Pamungkas, A. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran B-Ruang Berbasis Android Pada Materi Bangun Ruang Kelas V SD. Primary, 1-10.
Irawan, A., & Napitupulu, S. (2022). Pengaruh Video Canva Terhadap Hasil Belaajar Siswa Dengan Pendekatan Konstruktivisme SD Swasta Islam Terpadu Nurul Ikhwn Kecamatan Pantai Cermin. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(1). 180-188.
Kardawati, Ani, dkk. (2017). Pembelajaran Tematik (Konsep dan Aplikasi). 47 Jawa Timur. CV. At Media Grafik.
Kartika, A. G & Sujarwo. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Bernuansa Budaya Jawa Pada Materi Geometri. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA. 8(1). 9-18.
Kartina, K., Akrom, A., & Farhurohman, O. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Berbasis Budaya Lokal Pada Mata Pelajaran IPS. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar. 13(2). 119-130.
Liavani, M., & Silalahi, B. R. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA LIFT THE FLAP BOOK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA KELAS V SD. Jurnal Penelitian Multidisiplin Ilmu. 2(1). 1361-1368.
Luthfiyanti., & Sukmawarti. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA MINIATUR RUMAH ADAT MELAYU LANGKAT PADA PEMBELAJARAN BANGUN GEOMETRI. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA. 6(2). 61-68.
Marini, K., & Silalahi, B. R. (2022). Pengembangan Media Monopoli Tematik Pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsa Di SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(2), 159-167.
Maulana, Arafat Lubis. (2020). Pembelajaran Tematik SD/MI. Jakarta : Kenca.
Melisa, A. D., & Fadlan, M. N. (2023). Pengembangan Video Animasi Berbantuan Doratoon Pada Tema Makanan Sehat di Kelas V Sekolah Dasar. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 901-908.
Mustofa, dkk. 2020. Media Pembelajaran. Jakarta.
Muzid. A. (2022). Pengembangan Media Scrapbook Berbasis Budaya Batak Dalam Pembelajaran Tema Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV di SD Swasta Islam Nur Ihsan. Skripsi. FKIP, Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Medan.
Ningrum, A., & Napitupulu, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Geoboard Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Keliling Dan Luas Bangun Datar Kelas III SD. Cybernetics: Jurnal Educational Research and Social Studies, 2 (4). 103-113.
Nur, O. O., & Sujarwo. (2022). Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran IPA Materi Daur Hidup Hewan Di Kelas IV SD Negeri 106814 Tembung. Indonesian Research Journal on Education, 2(2), 478-485.
Oktavia, L. (2022). Pengembangan Media Scrapbook Menggunakan Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas IV SD.
Qolbiyah. G, Kurniasih. S & Sundari. F. S. (2022). Pengembangan Media Pembeajaran Scrapbook Tema Cita-Citaku Subtema Aku Dan Cita-Citaku Pembelajaran 1. Jurnal Holistika. 6(2). 65-72.
Rosihah, I., & Pamungkas, A. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Berbasis Budaya Konteks Budaya Banten Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. MUALLIMUNA, 4(1), 35-49.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syahrina & Napitupulu, S. (2021). Pengaruh Media Lapbook Pada Pembelajaran IPS Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 101899 Lubuk Pakam. 1(1).
Triskawati & Silalahi, B. R. (2022). Pengembangan Media Dokansi Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Pantun Kelas IV SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(1), 55-67.
Utami, I. S., & Sopaheluwakan, Y. B. (2018). Pengembangan Media Buku Temple (Scrapbook) Untuk Memahami Kebudayaan Jepang Dalam Minna No Douyou Ni Shuu. HIKARI, 6(1), 1-5.
Utaminingsih, S., Agustini, F., & KHB, M.A. (2019). Pengembangan Media Scrap Book Tema 4 Berbagai Pekerjaan Subtema 3 Pekerjaan Orang Tuaku. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 64-70.
Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam pembelajaran Ml. Jurnal Papeda, 4(1).
Zaenah, S., Darma, Y., & Hodiyanto. (2019). Pengembangan Media Scrapbook Bermuatan Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam Materi Bilangan Bulat. Seminar Nasional Pendidikan MIPA dan Teknologi (SNPMT II). 1, pp. 7-14. Pontianak: Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak
Diterbitkan
2023-10-04