Analisis Hambatan Belajar Menurut Jean Piaget Pada Pembelajaran Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan Di Kelas V SDN 101972 Kotangan

  • Irmatia Adita Universitas Muslim Nusantara AL-Washliyah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hambatan belajar menurut Jean Piaget pada pembelajaran matematika materi operasi hitung bilangan pecahan di kelas V SDN 101972 Kotangan. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kualitatif dengan pendekatan fenomologi. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa benar adanya hambatan belajar menurut Jean Piaget yang dialami siswa pada pembelajaran matematika operasi hitung bilangan pecahan terdapat tiga jenis hambatan, yaitu (1) hambatan epistemologis, (2) Hambatan logis matematis, dan (3) Hambatan bahasa. Pada hambatan epistemologis dapat diketahui bahwa kesulitan dan hambatan yang muncul akibat pemahaman konsep atau pandangan tentang pengetahuan matematika yang masih abstrak masih sulit dipahami oleh siswa tingkat SD.  Pada hambatan logis matematis dapat diketahui bahwa kurangnya pemahaman siswa terhadap dasar-dasar matematika, atau masalah dalam merangkai langkah-langkah logis untuk menyelesaikan permasalahan yang melibatkan bilangan pecahan yang menyebabkan siswa mengalami hambatan dalam menyelesaikan operasi hitung bilangan pecahan menggunakan langkah-langkah yang tepat. Dan pada hambatan bahasa ini dapat diketahui bahwa masih ada siswa yang mengalami hambatan bahasa ini seperti siswa yang belum mampu menyampaikan ide maupun pendapatnya secara langsung menggunakan bahasa yang benar.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Handika, dkk. (2022). Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan. Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. 22(2). 126-131.
Hasibuan, C, A & Napitupulu S. (2023). Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA. Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Materi Bangun Datar di Kelas 4 SD Negeri No 101933. 7(2).
Kamilah S, dkk. (2021). Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Autistik Berat dalam Menyelesaikan Soal Matematika. 05(03). 2231.
Khayroiyah, S & Nasution, H, A. (2020). Logaritma : Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa SMK dengan Menggunakan Media Belajar Macromedia Flash. 8(01). 93-95.
Kusuma, I. P. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar pada Mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan. 2(2). 101-110.
Mendrofa, N, K. (2019). Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA. Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Rme Kelas X-Ips Sma Swasta Pembda 1 Gunungsitoli Tahun Pelajaran 2017/2018. 4(1). 286-287.
Mujib, A. (2016). Pengembangan Kemampuan Pembuktian dalam Matematika Diskrit Menggunakan Pengajaran Berbasis DNR. In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (SNMPM) (pp. 122-138).
Nila & Nurjanah, S. (2021). Jemari: Jurna Edukasi Madrasah Ibtidaiyah. Implementasi Teori Kognitif Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Di Kelas V. 3(1).
Ramadani, M & Khayroiyah, S. (2021). Jurnal MathEducation Nusantara. Analisis Pemahaman Konsep Matematis dan Gestur Pembelajaran Lamban (Slow Learning) Pada Materi Pecahan di MTs. Raudhatul Hasanah. 4(2). 109-110.
Rohma, S. K. (2019). Analisis Learning Obstacles Siswa Pada Materi Pecahan Kelas IV Sekolah Dasar. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education. 2(1). 14-15.
Sarini & Napitupulu S. (2023). Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA. Analisis Soal Cerita Materi Pecahan dalam Buku Matematika Kelas V SD Menurut Newman. 7(2). 122-124.
Siregar, I. E., Zahari, C. L., & Mujib, A. (2023). Meta Analisis: Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Journal Mathematic Paedagogic 8 (1), 17-24
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryana, E. (2019). Pengaruh Lingkungan Keluarga. Sekolah, dan Masyarakat terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan. 3(2). 74-83.
Suyedi, S.S., & Idrus, Y. (2019). Hambatan-hambatan Belajar yang Mempengaruhi Hasil Belajar Mahasiswa dalam Pembelajaran Mata Kuliah Dasar Desain Jurusan IKK FPP. Gorga Jurnal Seni Rupa.
Wardah. Napitupulu, S. (2022). Pengembangan Media Komik Pada Materi Operasi Perkalian Kelas II SD Negeri 117520 Sialang Gatap Tahun Ajaran 2020/2021. PEDAGOGI: Jurnal Ilmiah Pendidikan. 8(1). 22-30
Yusuf, R., Dewi, F. P., & Mujib, A. (2022). Generalisasi Bilangan Kromatik Pada Beberapa Kelas Graf Korona. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(2), 192-201.
Diterbitkan
2023-10-04