Pengembangan Media Pembelajaran Kotak Berhitung Berbasis Kontekstual Untuk Kemampuan Berhitung Siswa Pada Materi Pengurangan Kelas I SD

  • Melani Universitas Muslim Nusantara AL-Washliyah

Abstrak

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran pokok dan wajib pada pendidikan dasar, menengah hingga perguruan tinggi. Namun ternyata hingga saat ini masih banyak siswa yang beranggapan bahwa matematika merupakan salah satu bidang studi yang sulit, tidak menyenangkan. Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan di sekolah SDN 105375 Sukasari bahwa pada pelajaran matematika guru tidak menggunakan media pembelajaran. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan desain penelitian dan pengembangan Research and development (R&D). Pengembangan atau Reseach and development adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk dan menguji keefektifan produk tersebut. Jenis penelitian ini dipilih karena dalam penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk dan menguji kelayakan produk yang dibuat oleh peneliti yaitu kotak berhitung pengurangan. Penelitian ini dirancang dengan model pengembangan ADDIE. Hasil skor kevalidan yang diperoleh pada media pembelajaran kotak berhitung yang divalidasikan oleh telaah ahli. Adapun hasil validasi media mendapatkan skor 90% yaitu “Sangat Valid”, hasil validasi oleh ahli materi mendapatkan skor 97,1% yaitu “Sangat Valid”. Adapun hasil angket respon siswa yaitu 95,4% yaitu “Sangat Valid”, hasil angket respon guru yaitu 92% yaitu “Sangat Valid” dan posttest yaitu 90% yaitu “Sangat Valid”. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran kotak berhitung berbasis kontekstual untuk kemampuan berhitung siswa pada materi pengurangan yang dikembangkan oleh peneliti dikelas I SD Negeri 105375 Sukasari yaitu “Sangat Valid” digunakan sebagai media pembelajaran dikelas I.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Fika, N. A. (2022). Pengembangan Media Animasi Berbantu Powtoon Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 4(2), 220-231.
Hidayat, A., Mujib, A., & Muslihah, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint Untuk Keterampilan Membaca Intensif Melalui Model Pengembangan Borg Dan Gall. JPPM Jurnal Penelitian dan Pengabadian Masyarakat, 1(1), 159-167.
Hutagalung Annisah Putri & Silalahi Beta Rapita. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Modul Berbasis Kontekstual Pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas IV SD. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(9)
Irawan,Andri & Napitupulu Safrida. (2022). Pengaruh Video Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa Dengan Pendekatan Kontruktivisme SD Swasta Islam Terpadu Nurul Ikhwan Kecamatan Pantai Cermin. Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(1), 180-188.
Kartini, Desty A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berhitung Sebagai Media Pembelajaran Berhitung. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 225-234
Kasanah, A. U. A & Alfiyah, H. Y. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran “Kotak Berhitung” Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Soal Cerita Penjumlahan dan Pengurangan Kelas III MI/SD. Pendidikan Dasar Islam, 63-73
Kusuma, N., Mujib, A., Syahputra, E., & Ariswoyo, S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 39-45.
Ningrum, Ayu & Napitupulu Safrida. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Geoboard Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Keliling Dan Luas Bangun Datar Kelas III SD. Journal Educational Research And Social Studies, 2, 103-113
Repni , & Efendi R.,& Siregar P Sonang. (2022). Penerapan Media Counting Box (Kotak Berhitung) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Dikdas Bantara, 125-135.
Resimah Fitri & Sujarwo. (2022). Pengembangan Modul IPA Berbasis CTL Pada Materi Kalor Dan Perpindahannya Kelas V SD. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA, 6(2).
Santoso, Erik. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Dasar. Cakrawala Pendas.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta cv
Wahyuni,Rika & Napitupulu Safrida. (2022). Pengembangan Media Pemelajaran Aplikasi Canva Pada Pembelajaran Tematik Tema Kayanya Negeriku Kelas IV SD. Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(4), 333-349
Widiada, I. G. I, Dkk (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Sederhana “Kotak Berhitung” Pada Tema Lingkunganku Bidang Matematika Di Kelas II SD Negeri 2 Liligundi. Edutech Undiksha, 110-122
Wahyuni, G., Destini, R., & Mujib, A. (2023). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Berbasis Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Visual Siswa. Jurnal LENTERA: Jurnal Studi Pendidikan, 5(2), 39-52.
Wahyuni, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Canva Pada Pembelajaran Tematik Tema Kayanya Negeriku Kelas IV SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(4), 333-349.
Yanti, Ida, Dkk (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Kelas II SDN 12 Taliwang. Ilmiah Profesi Pendidikan.
Yusuf, R., Dewi, F. P., & Mujib, A. (2022). Generalisasi Bilangan Kromatik Pada Beberapa Kelas Graf Korona. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(2), 192-201.
Diterbitkan
2023-10-03