Analisis Metode Bercerita Pada Tema 7 Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas III SD Negeri 064961 Medan Maimun

  • Annisa Maharani Panjaitan Universitas Muslim Nusantara AL-Washliyah

Abstrak

Pendidikan sangat penting bagi setiap manusia, yang terwujud dalam suatu usaha serta disusun secara terencana agar mampu mengarahkan setiap manusia ke arah yang lebih baik. Menurut Tarigan (2013:1) keterampilan berbahasa memiliki empat aspek yaitu (1) keterampilan menyimak, (2) keterampilan menulis, (3) keterampilan membaca, dan (4) keterampilan berbicara. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Metode ini untuk mendukung bercerita pada anak pada tema 7 terhadap keterampilan berbicara pada kelas III SDN. Dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci analisis data yang bersifat induktif. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menganalisis data berupa analisis deskriptif. Data yang diperoleh penelitian ini adalah data yang berbentuk deskripsi, data hasil penelitian berdasarkan rangkaian proses penelitian yang bersumber dari informan atau responden mengenai keterampilan berbicara siswa kelas III, berdasarkan hasil penelitian yang dicantumkan dalam tabel persentase di atas, aspek pelafalan dalam keterampilan berbicara siswa kelas III secara keseluruhan mendapat persentase 76%.Berdasarkan data dan pembahasan hasil analisis, keterampilan berbicara dalam metode bercerita siswa kelas III SD Negeri 064961 dalam pembelajaran tematik, memperoleh persentase sebesar 74% dan termasuk ke dalam kategori baik. Hasil analisis data keterampilan berbicara siswa menunjukkan bahwa aspek pelafalan yang mencakup kemampuan mengucapkan konsonan dan vokal secara benar, ucapan dan aksen dalam berbicara memperoleh persentase sebesar 73%, aspek parabahasa yang mencakup nada, tingkatan jeda, kecepatan dan kelancaran dalam berbicara memperoleh persentase sebesar 74%.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Anselmia Lute, (2022). Penggunaan Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas III Sdk Ona Nangahure. Jurnal Ilmu Pendidikan, (2), 9 –11.
Agustina, Fahrima Widya, (2018). Analisis Penerapan Metode Cerita Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Rejo Mulyo Jati Agung. Diss. UIN Raden Intan Lampung.
Azhari, Ahmad, Darmiany Darmiany, and Husniati Husniati,(2021). "Pengaruh Metode Bercerita Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas III SDN 1 Sakra Selatan." Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia 1.1 (2021): 6-12.
Alex Y. Pandaleke, Syamsuddin dan Yunidar, (2021) Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bermain Peran pada Siswa Kelas V SDN Bala keselamatan Palu. hal. 38.
Fitrah, Muh, Luthfiyah. (2017). Metode Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.
Frizka, N., Sihombing, N., & Rangkuti, D. (2022). Pengaruh Metode Bercerita terhadap Keterampilan Berbicara Anak Di PAUD Bina Produktivitas Kecamatan Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 4(1), 49-59.
Hidayah, Nurul.(2000). Pembelajaran Tematik Integratif Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. Vol. 2 No. 1. 2015.
Ilham, Muhammad, and Iva Ani Wijiati. (2020). Keterampilan Berbicara: Pengantar Keterampilan Berbahasa. Lembaga Academic & Research Institute, 2020
Nurfadila, A., & Mujib, A. (2023). Analisis Kemampuan Spasial Siswa SMP Ditinjaun Dari Gender Berdasarkan Teori Van Hiele. Jurnal MathEducation Nusantara, 6(2), 121-126.
Minja, H. S., & Mujib, A. (2022). Analisis Self Efficacy Matematis Siswa Ditinjau Berdasarkan Gender di SMP Negeri 3 Kutalimbaru Satu Atap. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 55-59.
Wani, K. E. (2022). Analisis Dampak Pemberian Reward and Punishment Pada Proses Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SDN 064955 Medan. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(3), 233-247.
Yasinta, (2019). Membangun karakter anak usia sekolah dasar melalui keterampilan berbicara) Yasinta.mahendra2014@gmail.com.
Yudi Budianti,Tia Permata, Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Percaya Diri Siswa Melalui Metode Bermain Peran (Role Playing) pada Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN Buni Bakti 03 Babelan Bekasi, hal. 45.
Yusuf, Muri. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media.
Yusuf, R., Dewi, F. P., & Mujib, A. (2022). Generalisasi Bilangan Kromatik Pada Beberapa Kelas Graf Korona. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(2), 192-201.
Diterbitkan
2023-10-03