Pengembangan Media Berbasis Android pada Materi Bangun Ruang untuk Kelas IV Sekolah Dasar

  • Khairunnisa Rangkuti Universitas Muslim Nusantara
  • Hidayat Universitas Muslim Nusantara
Kata Kunci: Android, Adobe Animate, Pengembangan, Media

Abstrak

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran berbasis android yang layak digunakan pada proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan berdasarkan Hoge, Tondora, dan Marelli. Pada penelitian ini, peneliti melaksanakan model pengembangan Hoge, Tondora, dan Marelli sampai pada tahap evaluasi dan perbaikan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket atau kuesioner yang diberikan kepada beberapa validator ahli, yaitu validator ahli materi, validator ahli medi, guru serta peserta didik. Berdasarkan hasil validasi ahli materi didapatkan skor sebesar 86% dengan kategori “Sangat Layak”. Dari hasil validasi ahli media didapatkan skor sebesar 90% dengan kategori “Sangat Layak”. Dari hasil penilaian guru didapatkan skor sebesar 90% dengan kategori “Sangat Layak”. Dari hasil penilaian peserta didik didapatkan skor sebesar 95,1% dengan kategori “Sangat Layak. Menurut kategori skor penilaian, maka dapat dikatakan bahwa media pembelajaran berbasis android yang dikembangkan “Sangat Layak” digunakan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama

Ali, Hamzah dan Muhlisrarini. 2016. Perencanaan dan Strategi Pembelajaraan Matematika. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Ari Prayoga, Dito. 2018. Media Pembelajaran Mengenal Jenis Batuan Berbasis Augmented Reality Pada Perangkat Android 3: 64–73.

Hasan, Muhammad.. dkk. 2021. Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group

Hidayat dan S. Khayroiyah. 2018. Pengembangan Desain Didaktis Pada Pembelajaran Geometri. Jurnal MathEducation Nusantara Vol. 1 (1), 2018, 15-19. https://jurnal.pascaumnaw.ac.id/index.php/JMN/article/viewFile/2/2

Hidayat, Sukmawarti, Suwanto. 2021. The application of augmented reality in elementary school education. Research, Society and Development, v. 10, n. 3, e14910312823. https://rsdjournal.org/index.php/rsd/article/view/12823 https://doi.org/10.33448/rsd-v10i3.12823

Iqbal, Muhammad., dkk. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran B-Ruang Berbasis Android Pada Materi Bangun Ruang Kelas V SD. Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar: Volume 13, No. 01 (Januari -Juni) 2021 p-ISSN: 2086-1362, e-ISSN: 2623-2685

Ilmi, Yuli Ismi Nahdiyati dan Gusti Firda Khairunnisa. 2020. Peranan Media Pembelajaran Berbasis Android Ditinjau dari Kepribadian Peserta Didik. Journal of Mathematics and Natural Sciences Education: p-ISSN: 2721-172X, e-ISSN: 2721-1746, vol.1 No. 3 Th 2020: hal 150-157

Nurindah dan Kasman, 2021. Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Android Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan: p-ISSN 2089-4341. DOI: https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1311

Putra, Nusa. 2015. “Research &Developmen Penelitian dan Pengembangan : Suatu Pengantar”. Jakarta: Rajawali Pers.

Rangkuti, C. J. S., & Sukmawarti. 2022. Problematika Pemberian tugas Matematika Dalam Pembelajaran Daring. IRJE Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 565-572. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/irje/article/view/3848

https://doi.org/10.31004/irje.v2i2.3848

Riduwan, 2019. “Belajar Mudah Penelitian”.Bandung: Alfabeta

Riyowati, Budi dan Nurul Imam Fadlilah. 2019. Rancang Bangun Aplikasi Ensiklopedia Batik Indonesia Berbasis Android”

Riduwan, 2008. “Metode dan Teknik Menyusun Tesis”. Bandung: Alfabeta

Sardi, Muhammad Ferdiansyah dan Yeni Anistyasari. 2021. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan Pendekatan Somatis, Auditori, Visual Dan Intelektual (Savi). Jurnal IT-EDU: Volume 5 Nomor 1 Tahun 2020, 389-397.

Sartyka, B., Mujib, A., & Mawengkang, H. (2021). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik dan kemandirian belajar peserta didik. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 35-46.

Sugiyono. 2016. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”: Bandung :Alfabeta.

Sukmawarti, Hidayat, Firmansyah, Abdul Mujib. 2017. Ibm Guru Cerdas Geogebra. Jurnal Amaliyah Pengabdian Pada Masyarakat Vol 1 No. 2 Hal. 52-59. https://media.neliti.com/media/publications/279287-ibm-guru-cerdas-geogebra-54c18853.pdf

Sukmawarti, Hidayat (2020). Cultural-Based Alternative Assessment Development in Elementary School Mathematics. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 536.

https://www.atlantis-press.com/proceedings/icsteir-20/125954044 https://doi.org/10.2991/assehr.k.210312.046

Sukmawarti, Hidayat, & Suwanto. (2021). Desain Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Problem Posing Pada Pembelajaran Metematika SD. Jurnal Matheducation Nusantara, 4(1), 10–18. https://jurnal.pascaumnaw.ac.id/indexphp/JMN/ article/view/118, https://doi.org/10.32696/jmn.v4i1.118

Sukmawarti, Hidayat, Lili Amelia Putri. (2022). Workshop Worksheet Berbasis Budaya bagi Guru MI Jami’atul Qamar Tanjung Morawa. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), Hal: 202-207. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jrpipm/article/view/18961

https://doi.org/10.26740/jrpipm.v6n1.p78-92

Waskito, D. (2014). Media Pembelajaran Interaktif Matematika Bagi Sekolah Dasar Kelas 6 Berbasis Multimedia. Speed Journal – Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 11(3), 59–65.

Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian kuantitatif, Kualitatif & Gabungan. Jakarta: Kencana.

Yusuf, R., Dewi, F. P., & Mujib, A. (2022). Generalisasi Bilangan Kromatik Pada Beberapa Kelas Graf Korona. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(2), 192-201.

Diterbitkan
2023-09-30