Pengembangan Media Petaya Berbasis Saintifik Tema Indahnya Keberagaman Di Negeriku Kelas IV SD

  • Indah Puspita Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

Abstrak

Penelitian ini berjudul Pengembangan Media PETAYA Berbasis Pendekatan Saintifik Tema Indahnya Keberagaman di Negeriku. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa dan belum adanya pengembangan Peta Budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pengembangan media PETAYA pada pembelajaran tematik terpadu untuk kelas IV SD (2) meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media PETAYA pada pembelajaran tema 7 indahnya keberagaman dinegeriku untuk kelas IV SD Swasta Agung Persada. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau R&D (Research and Devloment). Serta dalam proses pengumpulan data menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) namun penelitian ini hanya sampai pada tahap (Development) media PETAYA yang telah dikembangkan ini di Validasi oleh beberapa Ahli memberikan komentar dan saran mengenai media PETAYA yang dikembangkan. Validasi oleh ahli materi mendapatkan skor nilai 87% dan dinyatakan valid, validasi ahli media mendapatkan skor 84% dan dinyatakan valid, validasi respon guru mendapatkan skor nilai 94% dan dinyatakan valid dan dilaksanakan oleh dua tahap. Dari  yang dilakukan, hasil penilaian ahli materi, ahli media dan respon guru memberikan penilian bahwa media PETAYA pada pembelajaran tematik indahnya keberagaman di negeriku yang dikembangkan sudah valid dan sangat layak untuk digunakan pada proses pembelajaran.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Aryono Prihandito. (2016). “Kartografi”, Mitra Gama Widya, Yogyakarta.

Ayuni, P. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tema Pahlawanku Dengan Pendekatan Kontekstual Di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 4(2), 232-245.

Hamnur, F., Letsado, M.A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran PKn Berbasis Saintifik Tema Indahnya Keragaman di Negeriku pada Peserta Didik Kelas IV di Sekolah Dasar. Makalah di Presentasikan pada Seminar Nasional Kependidikan (SNK)-I. Pedir Research Institute Kupang.

Hidayat & Khayroiyah, S. (2018). Pengembangan Desai Didaktis Pada Pembelajaran Geometri. Jurnal MathEducation Nusantara, 1(1), 15-19.

Hidayat, Sukmawarti, & Suwanto. (2021). The application of augmented reality in elementary school education. Research, Society and Development, 10(3), 1-6. https://doi.org/10.33448/rsd-v1013.12823.

Hidayat, A., Mujib, A., & Muslihah, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint Untuk Keterampilan Membaca Intensif Melalui Model Pengembangan Borg Dan Gall. JPPM Jurnal Penelitian dan Pengabadian Masyarakat, 1(1), 159-167.

Marini, K., & Silalahi, B. R. (2022). Pengembangan Media Monopoli Tematik Pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsa Di SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(2), 159-167.

Mujib, A., Firmansyah., Lubis, W.A., Siagian, S.S., & Dewi, F.F. (2023). Statistika Penelitian Berbasis Masalah dengan Aplikasi SPSS. Medan: LPPM UMN Al-Washliyah

Nana Syaodih Sukmadinata. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda.

Prastowo, Andi. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Tematik: Tinjauan Teoretis dan Praktik Edisi Kedua. Cet. II Jakarta: Kencana-Prenada Media Group.

Rangkuti, C. J. S., & Sukmawarti. (2022). Problematika Pemberian Tugas Matematika Dalam Pembelajaran Darig. IRJE: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 565-572.

Siregar, R. N., Suryadi, D., Prabawanto, S., & Mujib, A. (2022). Improving students’ self-esteem in learning mathematics through a realistic mathematic education. Jurnal Pendidikan MIPA, 23(3), 1262-1277.

Sriwanti, P. U., & Sukmawarti. (2022). Pengembangan Modul Geometri SD

Berbasis Etnomatematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 31-38.

Sukawarti, Hidayat, Putri, L. A. (2022). Workshop Worksheet Berbasis Budaya bagi Guru MI Jami’atul Qamar Tanjung Morawa. PakMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 202-207.

Sukmawarti & Hidayat. (2020). Cultural-Based Alternative Assesment Development in Elementary School Mathematics. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 536, 288-292.

Yusuf, R. (2020). Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Nasional Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. Journal of Didactic Mathematics, 1(3), 158-164.

Diterbitkan
2023-06-18