Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Model Cooperative Learning Tipe Word Square Pada Tema Indahnya Keberagaman Negeriku Kelas IV Di SD Negeri 103100 Gumbot Kecamatan Dolok

  • sitiajijah sihombing azizah20pku@gmail.com

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Word Square serta dapat dijadikan referensi dalam upaya meningkatkan aktivitas belajar khususnya dalam pembelajaran Tematik tema Indahnya Keberagaman Negeriku kelas IV SD Negeri 103100 Gumbot Kecamatan Dolok. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 103100 Gumbot Kecamatan Dolok tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 16 siswa, yang terdiri dari 10 siswa perempuan dan 6 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Instrumen penelitian ini adalah soal tes dan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Word Square dapat meningkatkan hasil belajar Tematik tema Indahnya Keberagaman Negeriku kelas IV SD Negeri 103100 Gumbot Kecamatan Dolok. Hal tersebut dapat dibuktikan pada Prasiklus atau Preetest nilai rata-rata siswa yaitu 66,8 dengan persentase ketuntasan 31,25 Siklus I nilai rata-rata kemampuan siswa dalam memahami materi yang di pelajari yang diberikan pada Siklus I dengan rata-rata nilai 73,8 dengan persentase ketuntasan 56,29% dan meningkat pada Siklus II dengan nilai rata-rata 84,1 dengan persentase ketuntasan belajar 93,75%.

 

Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Cooperative Learning Tipe Word Square

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Hidayat & Siti Khayroiyah. (2018). “Pengembangan Desain Didaktis Pada Pembelajaran Geometri” Jurnal Math Education Nusantara Vol. 1 (1), 2018, 15-19.

Hidayat, Sukmawarti, & Suwanto, S. (2021). The application of augmented reality in elementary school education. Research, Society and Development, 10(3), 1-2

Istarani. (2012). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Kurniawan, Y. (2023). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Emosional pada Siswa yang Membolos Melalui Layanan Bimbingan Kelompok di Sekolah SMK Swasta Mandiri Tahun Pembelajaran 2021-2022. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 2(2), 178-196.

Mujib, A., Firmansyah., Lubis, W.A., Siagian, S.S., & Dewi, F.F. (2023). Statistika Penelitian Berbasis Masalah dengan Aplikasi SPSS. Medan: LPPM UMN Al-Washliyah

Mujib, A. (2018, April). Konflik Kognitif dalam Pembelajaran Kalkulus II. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian (Vol. 1, No. 1, pp. 87-96).

Putri, W. S. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Tema Makan Sehat Dengan Metode Quiz Team Di Sekolah SDN 066667 Medan Denai. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 4(2), 260-272.

Siregar, R. N., Suryadi, D., Prabawanto, S., & Mujib, A. (2023). Increasing Students Self-Regulated Learning Through A Realistic Mathematical Education. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1).

Sudjana, Nana. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.

Suyadi, (2010) Panduan Penelitian Tindakan Kelas. (Jogjakarta: Diva Prees).

Sukmawarti, Erica. (2021). “Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran PKN Di SD.” Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMN AL-Washliyah Medan.

Sukmawarti, Pulungan, Aprileni Julina. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Matematika SD Bernuansa Rumah Adat Melayu. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA. 5 (1), 31-36.

Suryani, E., Mujib, A., & Sardjijo, S. (2021). Kualitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SD Swasta Kota Batam. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 239-249.

Warsono, dan Hariyanto. 2014. Pembelajaran Aktif: Teori dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Widodo (2009) Model Pembelajaran Word Square Artikel dalam internet diunduh dari http://wyw1d.wordpress.com/2009/11/14/model-pembelajaran-word-square/

Yusuf, R. (2020). Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Nasional Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. Journal of Didactic Mathematics, 1(3), 158-164.

Diterbitkan
2023-06-18