Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning Pada Tema Udara Bersih Bagi Kesehatan Di Kelas V SDN 067092 Medan

  • Edo universitas muslim nusantara alwashliyah medan
  • Ananda Natalia Manurung Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi peneliti pada SDN 067092 Medan yang menujukkan rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik udara bersih bagi kesehatan.penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode model problem based learning. Penelitian dilakukan pada  siswa kelas V SDN 067092 Medan dengan jumlah keseluruhan 25 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilengkapi dengan instrumen yang terdiri dari lembar observasi dan wawancara kegiatan guru dan tes siswa. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar terjadi dalam setiap siklusnya baik sebelum pembelajaran (pretes) maupun setelah pembelajaran (postes). Pada siklus I memperoleh tingkat keberhasilan 52%. Sedangkan pada siklus II siswa memperoleh tingkat keberhasilan 88% yang dimana sudah sesuai dengan yang diinginkan. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema udara bersih bagi kesehatan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Berdasarkan hasil data yang telah dicapai pada siklus I dan siklus II sudah mencapai ketuntasan hasil belajar siswa, pencapaian peningkatan pada siklus I 52% dari siklus II 88%. Jadi peningkatannya yaitu 36%.

Daftar Pustaka

Andi, P., Ariswoyo, S., & Mujib, A. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa antara Model Problem Based Learning (PBL) dengan Model Think Pair Share (TPS) Berbantu Autograph. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 31-39.

Fadlillah. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hamdayana, Jumanta. 2016. Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Mulyasa, E.2011. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya Paizaluddin dan Ermalinda. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran. Bandung: PT. Raja Grafindo Persada

Hidayat dan S. Khayroiyah. 2018. Pengembangan Desain Didaktis Pada Pembelajaran Geometri. Jurnal MathEducation Nusantara Vol. 1 (1), 2018, 15-19. https://jurnalpascaumnaw.ac.id/index.php/JMN/article/view/2/2

Hidayat, Sukmawarti, Suwanto. 2021. Penerapan augmented reality dalam pendidikan sekolah dasar. Research, Society and Development, v. 10, n. 3, e14910312823, 1-2. https://doi.org/10.33448/rsd-v10i3.12823

Mujib, A., Firmansyah., Lubis, W.A., Siagian, S.S., & Dewi, F.F. (2023). Statistika Penelitian Berbasis Masalah dengan Aplikasi SPSS. Medan: LPPM UMN Al-Washliyah

Nasution, S. R., & Mujib, A. (2022). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 40-48.

Pramita, H. L., Mujib, A., & Zahari, C. L. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Melalui Problem Based Learning Dimasa Pandemi Covid 19. Jurnal MathEducation Nusantara, 5(1), 102-109.

Putri, W. S. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Tema Makan Sehat Dengan Metode Quiz Team Di Sekolah SDN 066667 Medan Denai. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 4(2), 260-272.

Siregar, R. N., Suryadi, D., Prabawanto, S., & Mujib, A. (2023). Increasing Students Self-Regulated Learning Through A Realistic Mathematical Education. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1).

Sukmawarti & Rangkuti, C. J. S., 2022. Problematika Pemberian tugas Matematika Dalam Pembelajaran Daring. IRJE Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 565-572. IRJE: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(2), 565–572.

https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/irje/article/view/3848/265

Sukmawarti, Hidayat, Lili Amelia Putri. (2022). Workshop Worksheet Berbasis Budaya bagi Guru MI Jami’atul Qamar Tanjung Morawa. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat,2(1), Hal:202-207. https://doi.org/10.54259/pakmas.v2i1.848

Sukmawarti, Hidayat (2020). Cultural-Based Alternative Assessment Development in Elementary School Mathematics. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 536, 78-92. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v6n1.p78-92

Sukmawarti, Hidayat, Suwanto. 2021. The application of augmented reality in elementary school education. Research, Society and Development, v. 10, n. 3, e14910312823, 1-2. https://doi.org/10.33448/rsd-v10i3.12823

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sukardi.2013. Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas Implementasi dan Pengembangannya. Jakarta: Bumi Aksara

Yusuf, R. (2020). Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Nasional Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. Journal of Didactic Mathematics, 1(3), 158-164.

Diterbitkan
2023-06-04