Pengaruh Penggunaan Mind Mapping Pada Pembelajaran Tematik Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV SD Negeri 064987 Medan

  • Wilda Febriyanti Panjaitan Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode mind mapping terhadap pemahaman konsep siswa kelas IV di SD Negeri 064987 Medan. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment menggunakan desain nonequivalent control group design. Penelitan ini dilaksanakan di SD Negeri 064987 Medan dengan subjek penelitian siswa kelas IVA dan IVB yang berjumlah 54 siswa. Penelitian ini terdiri dari variabel terikat yaitu pemahaman konsep dan variabel bebas yaitu metode mind mapping. Teknik pengumpulan data dan instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis dengan t-test untuk melihat perbedaan pemahaman konsep kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh metode mind mapping terhadap pemahaman konsep siswa kelas IV di SD Negeri 064987 Medan. Pengaruh tersebut dibuktikan dengan hasil t-test pada posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yaitu sig 0,014 < 0,05 dan thitung 2,548 > ttabel 2,006. Jadi, dapat disimpulkan terdapat perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang diajar dengan metode mind mapping dan siswa yang diajar dengan metode konvensional.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Anderson, L. W. & Krathwohl, D. R. (2015).Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Buzan, T. (2007).Buku pintar mind map untuk anak. Jakarta: Gramedia PustakaUtama.

Creswell, J. W. (2015). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. (Terjemahan Achmad Fawaid). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. (Edisi asli diterbitkan tahun 2009 oleh Thousand Oaks California).

Hidayat dan S. Khayroiyah. 2018. Pengembangan Desain Didaktis Pada Pembelajaran Geometri. Jurnal MathEducation Nusantara Vol. 1 (1), 2018, 15-19.https://jurnalpascaumnaw.ac.id/index.php/JMN/article/view/2/2

Hidayat, Sukmawarti, Suwanto. 2021. The application of augmented reality in elementary school education. Research, Society and Development, v.10, n.3, e14910312823. https://rsdjournal.org/index.php/rsd/article/view/12823https://doi.org/10.33448/rsd-v10i3.12823

Mujib, A., & Sulistiana, E. (2023). Kemampuan Penalaran Proporsional menurut Langrall dan Swafford pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 117-126.

Mujib, A., Firmansyah., Lubis, W.A., Siagian, S.S., & Dewi, F.F. (2023). Statistika Penelitian Berbasis Masalah dengan Aplikasi SPSS. Medan: LPPM UMN Al-Washliyah

Rangkuti, C. J. S., & Sukmawarti.2022. Problematika Pemberian tugas Matematika Dalam Pembelajaran Daring. IRJE Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 565-572. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/irje/article/view/3848https://doi.org/10.31004/irje.v2i2.3848

Santoso, S. (2006).Menguasai Statistik di Era Informasi dengan SPSS 14. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sarah, M. (2022). Pengaruh Metode Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas Iii Sd Negeri 101932 Perbaungan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 4(2), 206-219.

Siagian, S. S., Mujib, A., & Zahari, C. L. Analisis Tingkat Kecemasan Matematika dalam Pembentukan Konsep Image Siswa. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 8-13.

Siregar, R. N., Suryadi, D., Prabawanto, S., & Mujib, A. (2022). Students’ Self-Regulated in Learning Mathematics using Realistic Mathematical Education Model. (JIML) Journal Of Innovative Mathematics Learning, 5(4), 183-195.

Sugihartono, dkk (2013).Psikologi Pendidikan.Yogyakarta: UNY Press.

Sukmawarti, Hidayat (2020). Cultural-Based Alternative Assessment Development in Elementary School Mathematics. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 536. https://www.atlantis-press.com/proceedings/icsteir-20/125954044https://doi.org/10.2991/assehr.k.210312.046

Sukmawarti, Hidayat, & Suwanto.(2021). Desain Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Problem Posing Pada Pembelajaran Metematika SD. Jurnal Matheducation Nusantara, 4(1), 10–18.https://jurnal.pascaumnaw.ac.id/index.php/JMN/article/view/118 https://doi.org/10.32696/jmn.v4i1.118

Sukmawarti, Hidayat, Firmansyah, Abdul Mujib. 2017. Ibm Guru Cerdas Geogebra. Jurnal Amaliyah Pengabdian Pada Masyarakat Vol 1 No. 2 Hal 52-59.

https://media.neliti.com/media/publications/279287-ibm-guru-cerdas-geogebra-54c18853.pdf

Sukmawarti, Hidayat, Lili Amelia Putri. (2022). Workshop Worksheet Berbasis Budaya bagi Guru MI Jami’atul Qamar Tanjung Morawa. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), Hal : 202-207.

https://journal.unesa.ac.id/index.php/jrpipm/article/view/18961

https://doi.org/10.26740/jrpipm.v6n1.p78-92

Sukmawati, Hidayat, & Oca Liliani.(2022). Implementasi Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4, no. 4 (2022).

Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rhineka Cipta

Yusuf, R. (2020). Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Nasional Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. Journal of Didactic Mathematics, 1(3), 158-164.

Diterbitkan
2023-06-04