Pengembangan Media Pakapindo Berbasis Saintifik Pada Pembelajaran Tematik Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku di Kelas IV SD

  • Safrida Dasopang Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
Kata Kunci: Media Pakapindo, Saintifik,, Pembelajaran Tematik, Indahnya Keragaman Di Negeriku.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui media pembelajaran Pakapindo berbasis saintifik pada pembelajaran tematik Tema Indahnya Keragaman di Negeriku. (2) Mengetahui kelayakan media Pakapindo berbasis saintifik pada pembelajaran tematik Tema Indahnya Keragaman di Negeriku. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang mencakup lima tahap yaitu: Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Tetapi penelitian ini hanya sampai tiga tahapan saja yaitu hanya sampai tahap Development (pengembangan). Subjek dalam penelitian ini adalah validator ahli materi, ahli media, ahli pembelajaran (guru kelas IV). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket atau kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif berupa skor dari penilaian melalui angket, teknik analisis data kuantitatif ini dalam proses validasi dilakukan dalam bentuk angka dengan acuan skor skala Likert. Berdasarkan analisis data yang diperoleh melalui uji validitas ahli materi, ahli media, dan tanggapan guru. Hasil validasi oleh ahli materi yaitu 100% termasuk kategori baik/layak. Hasil validasi oleh ahli materi yaitu 85% termasuk kategori baik/layak. Hasil validasi dari tanggapan guru kelas IV yaitu 98% termasuk kategori sangat baik/sangat layak. Berdasarkan hasil presentase dari ahli materi, ahli media, dan tanggapan gurutersebut, kemudian dihitung rata-ratanya diperoleh hasil 94,33% termasuk dalam kategori sangat baik/sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Azhar, A. (2017). Media Pembelajaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Astuti, Y. T., & Sukmawarti. (2022). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Saintifik pada Pembelajaran Matematika Kelas V SD. All Fields of Science J-LAS, 2(1), 272-283. https://j-las.lemkomindo.org/index.php/AFoSJ-LAS/article/view/163

Hamnur, F., Letsado, M.A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran PKn Berbasis Saintifik Tema Indahnya Keragaman di Negeriku pada Peserta Didik Kelas IV di Sekolah Dasar. Makalah di Presentasikan pada Seminar Nasional Kependidikan (SNK)-I. Pedir Research Institute Kupang. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1121.

Hidayat, A., Mujib, A., & Muslihah, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint Untuk Keterampilan Membaca Intensif Melalui Model Pengembangan Borg Dan Gall. JPPM Jurnal Penelitian dan Pengabadian Masyarakat, 1(1), 159-167.

Kusuma, N., Mujib, A., Syahputra, E., & Ariswoyo, S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 39-45.

Mujib, A., Firmansyah., Lubis, W.A., Siagian, S.S., & Dewi, F.F. (2023). Statistika Penelitian Berbasis Masalah dengan Aplikasi SPSS. Medan: LPPM UMN Al-Washliyah

Rangkuti, C. J. S., & Sukmawarti. (2022). Problematika Pemberian Tugas Matematika Dalam Pembelajaran Darig. IRJE: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 565-572. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/irje/article/view/3848

Sriwanti, P. U., & Sukmawarti. (2022). Pengembangan Modul Geometri SD

Berbasis Etnomatematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 31-38. https://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1038

Sugiyono.i(2017). iMetode iPenelitian iPendidikan i(Pendekatan iKuantitatf, iKualitatif idan iR&D).iBandung: iAlfabeta.

Sukmawarti, Hidayat, Putri, L. A. (2022). Workshop Worksheet Berbasis Budaya bagi Guru MI Jamiā€™atul Qamar Tanjung Morawa. PakMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 202-207. https://journal.yp3a.org.

Sukmawarti & Hidayat. (2020). Cultural-Based Alternative Assesment Development in Elementary School Mathematics. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 536, 288-292. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210312.046

Sundayana. W. (2017). Telaah kurikulum & perencanaan pembelajaran. Jakarta: Penerbit Erlangga

Yusuf, R. (2020). Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Nasional Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. Journal of Didactic Mathematics, 1(3), 158-164.

Diterbitkan
2023-06-04