Pengembangan Media Ensiklopedia Model Parallel Slide Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Tematik Tema Perkembangan Teknologi di Kelas III Sekolah Dasar
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kelayakan Media Ensiklopedia Model Parallel Slide Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Tematik Tema Perkembangan Teknologi Di Kelas III SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang mencakup lima tahap yaitu: Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Tetapi penelitian ini hanya sampai tiga tahapan saja yaitu hanya sampai tahap Development (pengembangan). Subjek dalam penelitian ini adalah validator ahli materi, ahli media, ahli pembelajaran (respon guru kelas III). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket atau kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. teknik analisis data ini dalam proses validasi dilakukan dalam bentuk angka dengan acuan skor Skala Likert. Berdasarkan analisis data yang diperoleh melalui uji validitas ahli materi, ahli media, dan respon guru. Hasil validasi oleh ahli materi dengan skor sebesar 100 termasuk kategori baik/sangat layak. Hasil validasi oleh ahli media dengan skor sebesar 82 termasuk kategori baik/layak. Hasil validasi dari respon guru kelas III dengan skor sebesar 100 termasuk kategori sangat baik/sangat layak. Berdasarkan hasil presentase dari ahli materi, ahli media, dan respon guru tersebut, kemudian dihitung rata-ratanya diperoleh hasil 94 termasuk dalam kategori sangat baik/sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Azhar, A. (2015). Media Pembelajaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Astuti, Y. T., & Sukmawarti. (2022). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Saintifik pada Pembelajaran Matematika Kelas V SD. All Fields of Science J-LAS, 2(1), 272-283.https://j-las.lemkomindo.org/index.php/AFoSJ-LAS/article/view/163
Hamnur, F., Letsado, M.A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran PKn Berbasis Saintifik Tema Indahnya Keragaman di Negeriku pada Peserta Didik Kelas IV di Sekolah Dasar. Makalah di Presentasikan pada Seminar Nasional Kependidikan (SNK)-I. Pedir Research Institute Kupang.https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1121.
Hidayat, A., Mujib, A., & Muslihah, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint Untuk Keterampilan Membaca Intensif Melalui Model Pengembangan Borg Dan Gall. JPPM Jurnal Penelitian dan Pengabadian Masyarakat, 1(1), 159-167.
Mujib, A., Firmansyah., Lubis, W.A., Siagian, S.S., & Dewi, F.F. (2023). Statistika Penelitian Berbasis Masalah dengan Aplikasi SPSS. Medan: LPPM UMN Al-Washliyah
Rangkuti, C. J. S., & Sukmawarti. (2022). Problematika Pemberian Tugas Matematika Dalam Pembelajaran Darig. IRJE: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 565-572.https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/irje/article/view/3848
Sartyka, B., Mujib, A., & Mawengkang, H. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 35-46.
Sriwanti, P. U., & Sukmawarti. (2022). Pengembangan Modul Geometri SD
Berbasis Etnomatematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 31-38.https://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1038
Sukmawarti, Hidayat, Putri, L. A. (2022). Workshop Worksheet Berbasis Budaya bagi Guru MI Jamiāatul Qamar Tanjung Morawa. PakMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 202-207.https://journal.yp3a.org.
Sukmawarti & Hidayat. (2020). Cultural-Based Alternative Assesment Development in Elementary School Mathematics. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 536, 288-292.https://doi.org/10.2991/assehr.k.210312.046
Sundayana. W. (2017). Telaah kurikulum & perencanaan pembelajaran. Jakarta: Penerbit Erlangga