Analisis Rendahnya Tingkat Kehadiran Siswa Selama PTMT pada Siswa di Kelas V UPT. SDN 064037 Kecamatan Medan Tembung

  • Afriyadi Sofyan Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rendahnya tingkat kehadiran siswa selama PTM Terbatas pada siswa di kelas V UPT. SD Negeri 064037 Kecamatan Medan Tembung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling, dengan instrumen observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) setiap sesinya siswa yang masuk seharusnya 15 siswa pada kenyataannya siswa yang hadir sebanyak 3 orang setiap sesinya di persentasekan dari jumlah keseluruhan hanya 1,8% tingkat kehadiran selama PTM Terbatas, (2) kehadiran siswa selama PTM Terbatas sangat rendah hal ini merupakan dampak covid-19 yang melanda di negeri ini, (3) tingkat kepedulian orang tua rendah, lebih mengutamakan game dibandingkan dengan Whatshapp Group, dan lingkungan yang tingkat putus sekolah yang tinggi, (4) Tingkat penyebab siswa tidak hadir selama PTM Terbatas dikarenakan siswa sering kali telat bangun dan terlambat karena macet yang rumahnya jaraknya jauh, (5) hasil penelitian dari angket bahwa siswa menyatahkan tingkat kehadiran 59% merupakan nilai hasil yang rendah, sedangkan 23% siswa dengan kehadiran yang sedang, 10% siswa yang hadir sering datang dengan tepat waktu, siswa yang hadir dengan tepat waktu hanya 9%.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Akhmad Sudrajat. (2010). Dasar-dasar Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Bumi Karsa.
Arianto, N., & Bahri, S. (2022). Peran Orang Tua di Masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas II SDIT Andika Tanjung Morawa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 4(1), 01-13.
Domo, S. M., & Mujib, A. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Mts Pada Materi Persamaan Linier Satu Variabel Melalui Pembelajaran Active Learning. Jurnal PERISAI: Jurnal Pendidikan dan Riset Ilmu Sains, 1(1), 23-38.
Hamzah, F., Mujib, A., & Firmansyah, F. (2022). Efektivitas Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Schoology Pada Pelajaran Matematika. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1), 95-104.
Hidayat dan S. Khayroiyah. (2018). Pengembangan Desain Didaktis Pada Pembelajaran Geometri. Jurnal MathEducation Nusantara Vol. 1 (1), 2018, 15-19. https://jurnalpascaumnaw.ac.id/index.php/JMN/article/view/2/2
Hidayat, Sukmawarti, Suwanto. 2021. The application of augmented reality in elementary school education. Research, Society and Development, v. 10, n. 3, e14910312823. https://doi.org/10.33448/rsd-v10i3.12823
Imron. 2004. Administrasi dan Pengelolaan Sekolah; Administrasi Kesiswaan. Jakarta. Erlangga.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Panduan Teknis Penilaian Di Sekolah Dasar, 2013, hlm. 8.
Oce Payung Limbong, Wisarta Tambunan, dan Mesta Limbong,“Kesiapan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka di SMKN 2 Toraja Utara pada Masa Pandemi”, Jurnal Manjemen Pendidikan: Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia Vol 10 No. 1 hlm. 38. 2021. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jmp/article/view/3265/2004
Rangkuti, C. J. S., & Sukmawarti. (2022). Problematika Pemberian tugas Matematika Dalam Pembelajaran Daring. IRJE Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 565-572.
Saputri, N. C., Sari, R. K., & Ayunda, D. (2021). Analisis kemampuan literasi matematis siswa dalam pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(1), 15-26.
Siagian, S. S., Mujib, A., & Zahari, C. L. Analisis Tingkat Kecemasan Matematika dalam Pembentukan Konsep Image Siswa. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 8-13.
Siska, A., Mujib, A., & Putri, D. A. P. (2022). Pengaruh Motivasi Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Sekolah Batam (Studi Pada Sdn 005 Sekupang Batam). Jurnal Dedikasi Pendidikan, 6(1), 93-106.
Sukmawarti, Hidayat (2020). Cultural-Based Alternative Assessment Development in Elementary School Mathematics. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 536. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210312.046
Sukmawarti, Hidayat, & Suwanto. (2021). Desain Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Problem Posing Pada Pembelajaran Metematika SD. Jurnal Matheducation Nusantara, 4(1), 10–18. https://jurnal.pascaumnaw.ac.id/index.php/JMN/article/viewFile/118/104
Sukmawarti, Hidayat, Lili Amelia Putri. (2022). Workshop Worksheet Berbasis Budaya bagi Guru MI Jami’atul Qamar Tanjung Morawa. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), Hal : 202-207. https://doi.org/10.54259/pakmas.v2i1.848
Wani, K. E. (2022). Analisis Dampak Pemberian Reward and Punishment Pada Proses Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SDN 064955 Medan. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(3), 233-247.
Diterbitkan
2023-03-31