Upaya Meningkatkan Aktivitas Siswa Melalui Project Based Learning pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SDN 060924 Medan

  • Elmaydina Nadhifa Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran project based learning. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 060924 Medan.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi, dokumentasi dan penilaian proyek. Pada penelitian ini menggunakan 2 siklus. Pada observasi pra siklus diketahui dari 24 siswa di kelas V, hanya terdapat sebanyak 10 siswa yang aktif, sedangkan 14 siswa lainnya masih belum aktif. Penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran matematika di kelas V, yaitu membuat jam dinding dari kardus bekas dan poster dari kertas karton. Dari project yang diterapkan, siswa kelas V sangat antusias mengikuti proses pembelajaran. Keterampilan mengajar guru diperoleh baik dengan presentase 81,25% . Pada siklus I aktivitas siswa baik dengan presentase 73,33% dan siklus II 93,75% dengan kategori sangat baik. Keterampilan mengajar guru siklus II mencapai 95,83% dengan kategori sangat baik. Dan meningkat 21% dari siklus I dan siklus II.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Afriana, J. (2015). Project based learning (PjBL). Makalah untuk Tugas Mata Kuliah Pembelajaran IPA Terpadu. Program Studi Pendidikan IPA Sekolah Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: PT. Rineka Cipta.
A.M. Sudirman. (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada.
Hanafiah, dan Cucu Suhana. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika aditama.
Harahap, S. H. (2022). Peningkatan Keaktifan Siswa dan Minat Belajar Pada Pembelajaran Tematik Tema 8 “Daerah Tempat Tinggalku” Menggunakan Strategi Question Student Have Pada Kelas IV SD Negeri 064034 Medan Johor. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 2(1), 79-88.
Hidayat dan S. Khayroiyah. 2018. Pengembangan Desain Didaktis Pada Pembelajaran Geometri. Jurnal MathEducation Nusantara Vol. 1 (1), 2018, 15-19. https://jurnalpascaumnaw.ac.id/index.php/JMN/article/view/2/2
Hidayat, Sukmawarti, Suwanto. 2021. The application of augmented reality in elementary school education. Research, Society and Development, v. 10, n. 3, e14910312823. https://rsdjournal.org/index.php/rsd/article/view/12823 https://doi.org/10.33448/rsd-v10i3.12823
Kiki Pratiwi & Sukmawarti. Pengembangan Bahan Ajar Matematika SD Bernuansa Motif Batik Batak. Jurnal Inovasi Penelitian. ol.3 No. 7 Desember 2022. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/2195/1709
Nasution, S. R., & Mujib, A. (2022). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 40-48.
Patton. A. 2012. Work that Matters The Teacher’s Guide to Project Based Learning. UK: Paul Hamlin Foundation.
Pramita, H. L., Mujib, A., & Zahari, C. L. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Melalui Problem Based Learning Dimasa Pandemi Covid 19. Jurnal MathEducation Nusantara, 5(1), 102-109.
Rangkuti, C. J. S., & Sukmawarti. 2022. Problematika Pemberian tugas Matematika Dalam Pembelajaran Daring. IRJE Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 565-572. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/irje/article/view/3848/2656
Sukmawarti, Hidayat (2020). Cultural-Based Alternative Assessment Development in Elementary School Mathematics. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 536. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210312.046
Sukmawarti, Hidayat, & Suwanto. (2021). Desain Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Problem Posing Pada Pembelajaran Metematika SD. Jurnal Matheducation Nusantara, 4(1), 10–18. https://jurnal.pascaumnaw.ac.id/index.php/JMN/article/viewFile/118/104
Tampubolon, M. R., Julianti, P., & Mujib, A. (2021). Kemampuan Penalaran Soal Cerita dan Kedisiplinan Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(1), 46-61.
Diterbitkan
2023-03-31