Analisis Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Proses Pembelajaran Tema Lingkungan Sahabat Kita Di Kelas V SD

  • Elida Damai Mahita Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan berfikir tingkat tinggi siswa pada proses pembelajaran tema lingkungan sahabat kita kelas di V SD. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket , wawancara dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data dan display data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rpp yang memuat PPKn, Bahasa Indonesia, IPS, IPA dan SBdP sudah menunjukan keterampilan berpikir tingkat tinggi. (2) Pada hasil analisis angket siswa juga telah menunjukan telah terlihatnya keterampilan berfikir tingkat tinggi siswa yaitu sampai ranah C4 “menganalisis” dengan skor nilai 61,7%.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). Analisis keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar pada pembelajaran matematika kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 61-70.
Danayanti, M. (2020). Analisis Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi Pada Buku Siswa Kelas V Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang)
Domo, S. M., & Mujib, A. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Mts Pada Materi Persamaan Linier Satu Variabel Melalui Pembelajaran Active Learning. Jurnal PERISAI: Jurnal Pendidikan dan Riset Ilmu Sains, 1(1), 23-38.
Fitriani, D., Suryana, Y., & Hamdu, G. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Higher-Order Thinking Skill pada Pembelajaran Tematik Berbasis Outdoor Learning di Sekolah Dasar Kelas IV. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), 87-96.
Hidayat, Sukmawarti, & Suwanto, S. (2021). The application of augmented reality in elementary school education. Research, Society and Development, 10(3), e14910312823. Hal : 1-2
Krissandi, dkk, (2020), Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Pembelajaran Tematik Kelas III (Studi Kasus di Salah Satu SD Swasta di Yogyakarta), Jurnal Edukasi Sumba (JES), 111-120
Pratiwi, S. (2022). Analisis Keterampilan Bertanya Siswa Pada Pembelajaran Tema 8 Praja Muda Karana Kelas III Di SD Negeri 064988 Kec. Medan Johor. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(4), 311-323.
Rahmawati, R., Mujib, A., & Zahari, C. L. (2022). Analisis Penalaran Statistika Berbasis Soal Hots. Jurnal MathEducation Nusantara, 5(1), 118-124.
Siagian, S. S., Mujib, A., & Zahari, C. L. Analisis Tingkat Kecemasan Matematika dalam Pembentukan Konsep Image Siswa. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 8-13.
Sukmawarti,& dkk. (2022). Implementasi Model Problem Based Leraning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 886-894.
Tampubolon, M. R., Julianti, P., & Mujib, A. (2021). Kemampuan Penalaran Soal Cerita dan Kedisiplinan Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(1), 46-61.
Wahyuni, G., Mujib, A., & Zahari, C. L. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Visual Siswa Ditinjau Dari Adversity Quotient. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(2).
Diterbitkan
2023-03-31