Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Tema Benda-Benda Di Sekitar Kita Di Kelas V SD PAB 20 Bandar Klippa

  • Puan Wirantiara Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terhadap minat belajar siswa pada tema benda-benda di sekitar kita di SD PAB 20 Bandar Klippa. Lokasi penelitian ini dilakukan di SD PAB 20 Bandar Klippa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD PAB 20 Bandar Klippa. Sampel penelitian sebanyak 45 (empat puluh lima) siswa dengan Purposive Sampling. Penlitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental. Pengumpulan data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa angket minat belajar siswa dengan jenis pertanyaan tertutup bersifat positif dan negatif menggunakan skala likert. Validitas instrument menggunakan rumus Product moent dan reabilitas menggunakan rumus Alfa Cronbach. Dari hasil penelitian diperoleh skor hasil penyebaran angket awal kelas eksperimen adalah 68,22 dan pretest kelas kontrol adalah 68,91. Kemudian kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda, sehingga diperoleh skor hasil penyebaran angket akhir kelas eksperimen adalah 82,22 dan kelas kontrol adalah 73,00. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis statistik.  Hasil uji t diketahui model pembelajaran inkuiri berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar siswa dengan nilai thitung  (7,224) > ttabel (2,01669) dengan  = 43 dan taraf nyata = 0,05 dapat dilihat bahwa  dan nilai signifikansi  aka  ditolak dan  diterima. Hasil penelitian menunjukkan kesimpulan yaitu terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terhadap minat belajar siswa.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Alfiani, A. (2021). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhdap minat velajar fisika peserta Didik kelas XI SMA negeri 3 makasar. JSPF.17(3), 171
Aprijal., Alfian, & Syarifudin, (2020). Pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa madrasah ibtidiyah Darussalam sungai salak kecamatan tempuling. J. Mitra PGMI, 6(1), 76
Bahruddin & wahyuni, E. N. (2015).Teori belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Dahlia, D., Setiawati, N, S., & Taufina. (2019). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. JRPD, 02 (2), 130
Dewi, K. K., & Sudana (2016). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep IPA dengan mengontrol minat belajar pada siswa kelas V SD. JPP.4(1), 42
Djamarah, Syaiful, B., & Zain, A. (2006).Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Fitriyati, I., Hidayat, A., Munzil (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran IPA untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan penalaran ilmiah siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Pembelajaran Sains, 1(1)
Herwanto, H., Mujib, A., & Karnasih, I. (2020). Pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik (PMR) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar siswa SMP. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 72-77.
Haruminati, W. Y., Suarni, K., & Sudarman, K. (2016). Pengaruh model pembelajaran savi terhadap minat belajar matematika siswa kelas IV sd mutiara singaraja. E-Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 4(1), 2
Lestari, Jayadinata, Aeni. (2017). Meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi sifat-sifat cahaya melalui pembelajaran inkuiri. Jurnal Pena Ilmiah. 2(1). 624
Putri, H., Maulana, L. H., Uswatun, D. A. (2020). Analisis proses pembelajaran dalam jaringan (daring) masa pandemi COVID-19 pada guru sekolah dasar. Jurnal Basicedu. 4(4)
Sarah, M. (2022). Pengaruh Metode Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas III SD Negeri 101932 Perbaungan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 4(2), 206-219.
Sirait, E. D. (2016). Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika. Jurnal Formatif.6(1). 37
Siregar, R. N., Suryadi, D., Prabawanto, S., & Mujib, A. (2022). Improving Student Learning: Mathematical Reasoning Ability Through A Realistic Mathematic Education. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 2698-2713.
Utami, F. D. (2022). Pengaruh Model Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Tematik Tema Tubuhku Di Kelas I SDN No 106842 Taban. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 2(1), 59-69.
Widiastuti, S. (2021). Model pembelajaran tematik dalam peningkatan minat belajar siswa pada masa kenormalan baru di SDIT tasmira pancoran mas depok. JIPI.3(2), 94
Winanto, A., Makahube., Darma. Implementasi strategi pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswwa kelas V SD Negeri Kutowinangun II kota Salatiga. Scholaria. 6(2)
Yofamella, D., Taufik, T. (2020).Penerapan model inquiry learning dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas III sekolah dasar (studi literature).E-Juenal Inovasi Pembelajaran. 8(8), 160
Diterbitkan
2023-03-31