Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Benda Disekitarku Di Kelas 3 UPT SPF SDN 104256 Rugemuk
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada Pembelajaran Tematik Tema Benda diSekitarku melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan desain penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian yang dipilih adalah Nonequivalent Only Control Group Design yang dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dan guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III di UPT SPF SDN 104256 Rugemuk. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas III A sebagai kelas eksperimen dan kelas III B sebagai kelas kontrol yang berjumlah masing-masing 30 siswa. Teknik analisis data dilakukan menggunakan uji t untuk semua hipotesis. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan Uji t, yaitu sehingga diterima dan ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat penaruh yang signifikan antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay terhadap hasil belajar siswa pada tema Benda Disekitarku di kelas 3 UPT SPF SDN 104256 Rugemuk.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Hamnur, F., Letsado, M.A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran PKn Berbasis Saintifik Tema Indahnya Keragaman di Negeriku pada Peserta Didik Kelas IV di Sekolah Dasar. Makalah di Presentasikan pada Seminar Nasional Kependidikan (SNK)-I. Pedir Research Institute Kupang. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1121.
Hidayat, Sukmawarti, & Suwanto. (2021). The application of augmented reality in elementary school education. Research, Society and Development, 10(3), 1-6. https://doi.org/10.33448/rsd-v1013.12823.
Rangkuti, C. J. S., & Sukmawarti. (2022). Problematika Pemberian Tugas Matematika Dalam Pembelajaran Darig. IRJE: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 565-572. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/irje/article/view/3848
Rianto, A., Mujib, A., & Sihotang, R. D. (2023). Bimbingan Belajar Pondok Literasi dan Numerasi (BIMBEL POLISI). Madani: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Kewirausahaan, 2(1), 78-83.
Sarah, M. (2022). Pengaruh Metode Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas III SD Negeri 101932 Perbaungan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 4(2), 206-219.
Sriwanti, P. U., & Sukmawarti. (2022). Pengembangan Modul Geometri SD Berbasis Etnomatematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 31-38. https://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1038
Sugiyono.i(2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatf, Kualitatif dan R&D).Bandung: Alfabeta.
Sukmawarti & Hidayat. (2020). Cultural-Based Alternative Assesment Development in Elementary School Mathematics. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 536, 288-292. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210312.046
Utami, F. D. (2022). Pengaruh Model Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Tematik Tema Tubuhku Di Kelas I SDN No 106842 Taban. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 2(1), 59-69.