Pengembangan LKPD Berbentuk Cerita Bergambar Menggunakan Model Picture and Picture Pada Pembelajaran Tematik Tema Benda-Benda Sekitar Kita di Kelas V
Abstrak
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD Berbentuk Cerita Bergambar Menggunakan Model Picture And Picture Pada Pembelajaran Tematik Tema Benda-Benda Sekitar Kita yang layak digunakan pada proses pembelajaran di kelas V. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Pada penelitian ini, peneliti melaksanakan model pengembangan ADDIE hanya sampai pada tahap pengembangan (development). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket atau kuesioner yang diberikan kepada beberapa validator ahli, yaitu validator ahli media, validator ahli materi dan validator ahli pembelajaran. Berdasarkan hasil validasi dari validator ahli media didapatkan skor 70 dengan kriteria “Layak” dan adanya beberapa catatan revisi. Setelah LKPD direvisi, validator ahli media memberikan skor 82 dengan kriteria “Sangat Layak”. Dari hasil validasi ahli materi didapatkan skor sebesar 76,4 dengan kriteria “Layak” dan adanya catatan revisi. Setelah LKPD direvisi, didapatkan skor sebesar 82,2 dengan kriteria “Sangat Layak”. Dari hasil validasi ahli pembelajaran didapatkan skor sebesar 91,6 tanpa adanya revisi. Rata-rata skor dari hasil penilaian ketiga validator ahli didapatkan skor sebesar 85,2. Merunut kriteria skor penilaian, maka dapat dikatakan bahwa LKPD Berbentuk Cerita Bergambar Menggunakan Model Picture And Picture Pada Pembelajaran Tematik Tema Benda-Benda Sekitar Kita yang dikembangkan “Sangat Layak” untuk digunakan pada proses pembelajaran.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Ahmad Susanto. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media.
Amalia, D., & Napitupulu, S. (2022). Pengembangan Media Puzzle Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV SD 101899 Lubuk Pakam. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(2), 120-130.
Hamdani. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Harahap, M., Mujib, A., & Nasution, A. S. (2022). Pengembangan Media Uno Math untuk Mengukur Pemahaman Konsep Luas Bangun Datar. AFoSJ-LAS (All Fields of Science Journal Liaison Academia and Society), 2(1), 209-217.
Hidayat dan S. Khayroiyah. 2018. Pengembangan Desain Didaktis Pada Pembelajaran Geometri. Jurnal MathEducation Nusantara Vol. 1 (1), 2018, 15-19. https://jurnal.pascaumnaw.ac.id/index.php/
Hidayat, Sukmawarti, Suwanto. 2021. The application of augmented reality in elementary school education. Research, Society and Development, v. 10, n. 3, e14910312823. https://doi.org/10.33448/rsd-v10i3.12823
Rangkuti, C. J. S., & Sukmawarti. 2022. Problematika Pemberian tugas Matematika Dalam Pembelajaran Daring. IRJE Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 565-572. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/irje/article/view/3848/2656
Sari, K. P. (2022). Pengembangan Media Ensiklopedia Model Lift the Flap Berbasis Masalah pada Pembelajaran Tematik Tema Perkembangan Teknologi di Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 4(1), 25-36.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitihan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sukmawarti, Hidayat (2020). Cultural-Based Alternative Assessment Development in Elementary School Mathematics. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 536. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210312.046
Sukmawarti, Hidayat, & Suwanto. (2021). Desain Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Problem Posing Pada Pembelajaran Metematika SD. Jurnal Matheducation Nusantara, 4(1), 10–18. https://jurnal.pascaumnaw.ac.id/index.php/JMN/article/viewFile/118/104
Sukmawarti, Hidayat, Lili Amelia Putri. (2022). Workshop Worksheet Berbasis Budaya bagi Guru MI Jami’atul Qamar Tanjung Morawa. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), Hal : 202-207. https://doi.org/10.54259/pakmas.v2i1.848
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Penerbit Kencana.