Pengembangan Media Scrapbook Berbasis Budaya Batak Dalam Pembelajaran Tema Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV di SD Swasta ISLAM NUR IHSAN

  • Ain Muzid

Abstrak

Media berfungsi sebagai sumber belajar yang memberikan suatu pesan dan sebagai alat yang menunjang dalam proses pembelajaran sehingga dalam proses pembelajaran siswa dapat mengerti dengan baik penggunaan media, tidak hanya sebagai rangsangan bagi peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan suatu pengetahuan yang terarah. Penelitian ini yang akan dilakukan peneliti memiliki tujuan sebagai berikut : untuk dapat mengetahui kelayakan media Scrapbook  pada  pembelajaran tema daerah tempat tinggalku yang layak. Objek dalam penelitian ini ialah tema daerah tempat tinggalku kelas IV di SD Swasta Islam Nur Ihsan. Waktu Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan Wawancara,  Angket.  Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa penelitian dan pengembangan menggunakan model pengembangan R&D dengan 3 tahap yaitu : (1) analisis (analysis), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development). Telah menghasilkan produk media scrapbook berbasis budaya batak. Berdasrkan kelayakan pengembangan ini dapat disimpulkan  bahwa media  pembelajaran Scrapbook berbasis budaya batak dalam pelajaran tematik layak digunakan, dan dijadikan media pembelajaran didalam kelas. Hal ini dikarenakan media Scrapbook dapat lebih menarik perhatian dan menambah minat belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Harahap, M., Mujib, A., & Nasution, A. S. (2022). Pengembangan Media Uno Math untuk Mengukur Pemahaman Konsep Luas Bangun Datar. AFoSJ-LAS (All Fields of Science Journal Liaison Academia and Society), 2(1), 209-217.

Hidayat, H., Sukmawarti, S., & Suwanto, S. (2021). The application of augmented reality in elementary school education.Research, Society and Development, 10(3), e14910312823-e14910312823. Hal : 1-2

https://rsdjournal.org/index.php/rsd/article/view/12823

Hidayat, H., & Khayroiyah, S. (2018). Pengembangan Desain Didaktis Pada Pembelajaran Geometri. Jurnal MathEducation Nusantara, 1(1), Hal: 15-19 http://jurnal.pascaumnaw.ac.id/index.php/JMN/article/view/2/2

Lia, dkk., (2017) Pengaruh Media Scrapbook (Buku Tempel) Terhadap Hasil Belajar.PGSD Vol 05, 23.

Mahnun.Nunu. (2012). Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran).Jurnal Pemikiran Islam.37(1). 27.

Muktadir, A., dkk. (2018) Media Scrapbook Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar Kota Bengkulu. JPD, 1-12. DOI: doi.org/10.21009/JPD.011.16.

Purwono.Joni, dkk. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri1 Pacitan.Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran 2(2), 127.

Sari, K. P. (2022). Pengembangan Media Ensiklopedia Model Lift the Flap Berbasis Masalah pada Pembelajaran Tematik Tema Perkembangan Teknologi di Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 4(1), 25-36.

Siregar, Y. D. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Tema 7 Indahnya Keragaman Di Negeriku Di Kelas V SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(4), 408-424.

Sukmadinata, N. S., (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung.

Sukmawarti, S., & Khayroiyah, S. (2020).Desain Asesmen Alternatif Matematika Sd. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian (Vol. 3, No. 1) Hal : 641-645.

https://e-prosiding.umnaw.ac.id/index.php/penelitian/article/view/611/600

Sukmawarti, Hidayat, Lili Amelia Putri. (2022). Workshop Worksheet Berbasis Budaya bagi Guru MI Jami’atul Qamar Tanjung Morawa.PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), Hal : 202-207.

https:doi.org/10.54259/pakmas.V2i1.848

Sukmawarti, Hidayat (2020). Cultural-Based Alternative Assessment Development in Elementary School Mathematics. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 536.

https://doi.org/10.2991/assehr.k.210312.046

Sukmawarti, Hidayat, Oca Liliani. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD. Jurnal Pendidkan Dan Konseling. 886-894.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Dan Pengembangan Research Development Untuk Bidang Pendidikan, Mangjemen, Sosial, Teknik. Bandung: Alfabeta.

Diterbitkan
2022-12-29