Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri pada Pembelajaran Tematik Materi Panas dan Perpindahan di Kelas IV SD Swasta Rizki Ananda

  • Maudy Tasya

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi belum dikembangkannya Lembar Kerja Peserta Didik berbasis inkuiri di SD Swasta Rizki Ananda. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan produk berupa bahan ajar lembar kerja peserta didik IPA berbasis inkuiri yang mudah dipahami pada pembelajaran tematik materi panas dan perpindahan kelas IV SD. (2) Mengetahui kelayakan lembar kerja peserta didik berbasis inkuiri dalam pembelajaran tematik materi panas dan perpindahan kelas IV SD. (3) Mengetahui responĀ  peserta didik terhadap lembar kerja peserta didik berbasis inkuiri dalam pembelajaran tematik materi panas dan perpindahan kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang mengacu pada model Borg and Gall. model Borg and Gall memiliki tahapan yaitu, (1) Penelitian dan pengumpulan, (2) Perencanaan, (3) Pengembangan draft produk, (4) Uji coba lapangan, (5) Penyempurnaan produk awal, (6) Uji coba lapangan, (7) Menyempurnakan produk hasil uji lapangan, (8) Uji pelaksanaan, (9) Penyempurnaan produk akhir, dan (10) Diseminasi dan implementasi. Tetapi pada penelitian ini hanya mengadapatasi 7 langkah saja. LKPD yang dikembangkan divalidasi oleh satu ahli materi dan satu ahli bahasa. Berdasarkan penilaian dari ahli materi, dan ahli bahasa diperoleh skor penilaian yang cukup tinggi dengan kategori sangat layak. Setelah dikembangkan LKPD diimplementasikan atau diujipemakaiannya untuk mengetahui respon peserta didik di SD Swasta Rizky Ananda. Berdasarkan uji coba tersebut diperoleh respon yang sangat bagus dengan kategori sangat baik dan layak.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Afani, F. M.,&Rosnawati. (2017). Pengembangan bahan ajar berbasis pendekatan inkuiri pada. materi turunan fungsi trigonometri untuk kelas VI. Jurnal Pendidikan Matematika.

Amalia, D., & Napitupulu, S. (2022). Pengembangan Media Puzzle Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV SD 101899 Lubuk Pakam. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(2), 120-130.

Amile and Reesnes. (2015). Metode Penetian dan Pengembangan. Jogja:Literasi Nusantara

Harahap, M., Mujib, A., & Nasution, A. S. (2022). Pengembangan Media Uno Math untuk Mengukur Pemahaman Konsep Luas Bangun Datar. AFoSJ-LAS (All Fields of Science Journal Liaison Academia and Society), 2(1), 209-217.

Hidayat (2018). Pengembangan Desain Didaktis Pada. Pembelajaran Geometri. Available online at https://jurnal.pascaumnaw.ac.id/index.php/Jurnal MathEducation Nusantara Vol.1(1),2018,15-19

Lestari, Ega Ayu. (2018). Pengembangan lembar kerja. peserta didik Berbasis Ekperimen IPA.Kelas VSD/MI.UIN Raden Intan:Lampung.

Majid, Abdul. (2013). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT RemajaRosdakarya

Rusilowati, A. (2016). Profil Kesulitan Belajar Fisika. Pokok Bahasan Kelistrikan Siswa. SMA.Di Kota Semarang: Jurnal Pendidikan Fisika.

Samatoa, Usman. (2016). Pembelajaran IPA di sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabet.

Sukmawarti, Hidayat (2020). Cultural-Based Alternative Assessment Development in Elementary School Mathematics. Advances in Social Science, Education and Humanities Research,volume 536.

Sukmawarti, Hidayat (2021). The application ofaugmented reality in elementary school education. Research, Society and Development, v. 10, n. 3,e14910312823,2021(CC BY4.0) | ISSN 2525-3409 | DOI: http://dx.doi.org/10.33448/rsd-v1oi3.12823

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&-D.Bandung:Alfabeta

Suhadak, M., & Wutsqa, D. U. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran sistem persamaan linier dua. variabel menggunakan metode inkuiri. Jurnal Pendidikan Matematika.

Diterbitkan
2022-12-29