Pengembangan Buku Cerita Bergambar Tematik Tema 7 Indahnya Keragaman Di Negeriku Kelas IV SD

  • Azli Yani

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi karena siswa masih kesulitan dalam memahami materi yang diajarkan oleh guru disekolah sehingga membutuhkan media berupa buku cerita bergambar yang sangat dibutuhkan siswa untuk memahami materi lebih lanjut dan mengembangkan imajinasinya dalam belajar. Pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurangnya inovatif karena media-media yang diajarkan sebelumnya tidak bervariasi dalam menyampaikan materi pembelajaran. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk Mengembangkan Buku cerita Bergambar Tematik Tema 7 Indahnya Keragaman Di Negeriku  Siswa Kelas IV SD. Dengan adanya buku cerita bergambar peserta didik lebih tertarik dan termotivasi dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian yang dilakukan oleh penulis, yaitu penelitian Reseacrhand Development (R&D) yang dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu (1) Analisi (Analysis) Tahap analisis yang dilakukan mencakup tiga hal yaitu analisis kebutuhan, analisis kurikulum, dan analisis  karakter peserta didik (2) Perancangan (Design) Acuan dalam penyusunan pembuatan media buku cerita bergambar adalah spesifikasi produk yang telah dibuat, (3) Pengembangan (Development). Pada tahap ini pengembangan media akan dilakukan uji validitas Oleh Ahli media, Ahli materi dan guru. Berdasarkan hasil validasi respon guru  yang terbagi ke dalam 4 aspek, penilaian secara keseluruhan terhadap respon guru terhadap media didapatkan persentase sebesar 95%. Hasil validasi ahli media yang terbagi ke dalam 5 aspek, penilaian secara keseluruhan terhadap telaah ahli media mendapatkan persentase sebesar 92%. Dan hasil validasi ahli materi  yang terbagi ke dalam 5 aspek, penilaian secara keseluruhan terhadap telaah ahli materi mendapatkan persentase sebesar 75%. Persentase keseluruhan dari ahli pembelajaran termasuk cukup layak sedangkan ahli media dan ahli materi termasuk kriteria layak untuk digunakan sebagai media dalam aktivitas pembelajaran siswa kelas IV SD tema indahnya keragaman di negeriku.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Amalia, D., & Napitupulu, S. (2022). Pengembangan Media Puzzle Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV SD 101899 Lubuk Pakam. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(2), 120-130.

Frisnoiry. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Untuk Membelajarkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik di SMP Negeri 7 Binjai. Medan: Program Pascasarjana UNIMED.

Harahap, M., Mujib, A., & Nasution, A. S. (2022). Pengembangan Media Uno Math untuk Mengukur Pemahaman Konsep Luas Bangun Datar. AFoSJ-LAS (All Fields of Science Journal Liaison Academia and Society), 2(1), 209-217.

Hasanah, N. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Karakter. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 1(1), 24-30.

Hidayat & Siti Khayroiyah. (2018). “Pengembangan Desain Didaktis Pada Pembelajaran Geometri” Jurnal Math Education Nusantara Vol. 1 (1), 2018, 15-19.

Hidayat, Sukmawarti, & Suwanto, S. (2021). The application of augmented reality in elementary school education. Research, Society and Development, 10(3), e14910312823. Hal : 1-2

Permendikbud (2013). No. 67, Tentang Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Sekolah/Madrasah Ibtidaiyah.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta, 2017

Sukmawarti & Hidayat. (2020). “Implementasi worksheet berbasis budaya pada Matematika SD”. Makalah disajikan pada Seminar Hasil Penelitian 2020. UMN Al Washliyah. 28 April 2021.

Sukmawarti, Hidayat, Lili Amelia Putri, (2022). Workshop Worksheet Berbasis Budaya bagi Guru MI Jami’atul Qamar Tanjung Morawa.Pakmas: Jurnal Pengabdian KepadaMasyarakat, 2(1), Hal : 202-207.

Sukmawarti, Pulungan, Aprileni Julina. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Matematika SD Bernuansa Rumah Adat Melayu. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA. 5 (1), 31-36. DOI: https://doi.org/10.32696/jp2mipa.v5i1.534

Diterbitkan
2022-12-29