Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Used Materials Pada Tema Metamorfosis Kelas IV SD

  • Elva Hafizah Barus

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi karena terdapat masalah-masalah dalam pembelajaran seperti terbatasnya media pembelajaran di sekolah, sehingga guru hanya menggunakan buku paket dan LKS sebagai sumber belajar yang dilakukan di kelas untuk proses pembelajaran berlangsung. Kurangnya minat belajar siswa karena selama proses pembelajaran hanya menggunakan buku paket yang digunakan untuk mengajar dan masih sederhana karena memiliki gambar yang sedikit dan kurang menarik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk Mengembangkan Media Pembelajaran Pop Up Book Used Materials Pada Tema Metamorfosis Kelas IV SD. Dengan adanya Media Pembelajaran Pop Up Book Used Materials ini peserta didik akan lebih tertarik dan termotivasi dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian yang dilakukan oleh penulis, yaitu penelitian Reseacrhand Development (R&D) yang dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu (1) Analisis (Analysis) Tahap analisis yang dilakukan yaitu analisis kebutuhan (2) Perancangan (Design) Acuan dalam penyusunan pembuatan Media Pembelajaran Pop Up Book Used Materials adalah spesifikasi produk yang telah dibuat, (3) Pengembangan (Development). Pada tahap ini pengembangan media akan dilakukan uji validitas Oleh Ahli media, Ahli materi dan guru. Berdasarkan hasil validasi respon guru  yang terbagi ke dalam 5 aspek, penilaian secara keseluruhan terhadap respon guru terhadap media didapatkan persentase sebesar 78%. Hasil validasi ahli media yang terbagi ke dalam 5 aspek, penilaian secara keseluruhan terhadap telaah ahli media mendapatkan persentase sebesar 92%. Dan hasil validasi ahli materi  yang terbagi ke dalam 5 aspek, penilaian secara keseluruhan terhadap telaah ahli media mendapatkan persentase sebesar 85%. Persentase keseluruhan dari ahli pembelajaran termasuk sangat layak sedangkan ahli media dan ahli materi termasuk kriteria layak untuk digunakan sebagai media dalam aktivitas pembelajaran siswa kelas IV SD tema Metamorfosis.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Amalia, D., & Napitupulu, S. (2022). Pengembangan Media Puzzle Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV SD 101899 Lubuk Pakam. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(2), 120-130.
Azizah, N. (2021). Desain Pembelajaran Addie (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) E-Learning Pada Materi Sejarah Kebudayaan Islam. 109–120.
Harahap, M., Mujib, A., & Nasution, A. S. (2022). Pengembangan Media Uno Math untuk Mengukur Pemahaman Konsep Luas Bangun Datar. AFoSJ-LAS (All Fields of Science Journal Liaison Academia and Society), 2(1), 209-217.
Hermawati. (2016). pengembangan media pembelajaran snakder misbox ( snakes ladders mistery box ) untuk kelas 1 sekolah dasar. In Universitas Muhammadiyah Gresik. universitas muhammadiyah gresik.
Hidayat & Siti Khayroiyah. (2018). “Pengembangan Desain Didaktis Pada Pembelajaran Geometri” Jurnal Math Education Nusantara Vol. 1 (1), 2018, 15-19.
Hidayat, Sukmawarti, & Suwanto, S. (2021). The application of augmented reality in elementary school education. Research, Society and Development, 10(3), e14910312823. Hal : 1-2 Rahmawati, C. (2019). Hubungan Fungsi Media Pembelajaran dan Motivasi BelajarDengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Gugus Jendral Al Sudirman Kabupaten Demak. In Formulasidan Uji Aktivitas Anti Bakteri Sediaan Krim Ektrak Etanol Daun Ketapang (Terminalia catappa L.) Terhadap Propionibacterium acne DAN Staphylococcus epidermidis Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Rangkuti, D., Lubis, S. I., Salayan, M., Sari, D. E., & Mujib, A. (2022). Development of Learning Tools Assisted by Manipulative Teaching Aids Through Problem-Based Learning. Development, 5(2).
Santika, A., & Nasution, A. S. (2021). Pengembangan media gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia di kelas 2 SD. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(2), 83-96.
Sukmawarti & Hidayat. (2020). “Implementasi worksheet berbasis budaya pada Matematika SD”. Makalah disajikan pada Seminar Hasil Penelitian 2020. UMN Al Washliyah. 28 April 2021.
Sukmawarti, Erica. (2021). “Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran PKN Di SD.” Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMN AL-Washliyah Medan.
Sukmawarti, Hidayat, Lili Amelia Putri, (2022). Workshop Worksheet Berbasis Budaya bagi Guru MI Jami’atul Qamar Tanjung Morawa.Pakmas: Jurnal Pengabdian KepadaMasyarakat, 2(1), Hal : 202-207.
Sukmawarti, Pulungan, Aprileni Julina. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Matematika SD Bernuansa Rumah Adat Melayu. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA. 5 (1), 31-36. DOI: https://doi.org/10.32696/jp2mipa.v5i1.534.
Diterbitkan
2022-10-13