Pengembangan Media Pembelajaran Poster 3 Dimensi Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Tema Energi Dan Perubahannya Di Kelas III SD

  • Darma Jati Wibowo

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui teknologi lebih dalam dan mengembangkan media pembelajaran Articulate Storyline 3 tema lingkungan sahabat kita dengan pendekatan saintifik di SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research And Development) dengan mengacu pada model 4D. Model 4D memiliki tahapan yaitu: Define (pendefinisian), Design (perancangan), Development (pengembangan), dan Disseminattin (desiminasi). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Teknis analisis data yaitu deskriptif kualitatif. Media yang dikembangkan divalidasi oleh satu orang ahli materi, satu orang ahli media dan satu orang ahli pembelajaran. Validasi oleh ahli materi dilaksanakan 2 tahap dan menghasilkan materi yang sesuai indikator dan KD kelas V SD/MI. Validasi oleh ahli media dilaksanakan 2 tahap dan menghasilkan produk berupa media Articulate Storyline 3 yang layak dan dapat digunakan untuk siswa kelas V SD/MI. Validasi oleh ahli pembelajaran dilaksanakan 1 tahap dan menghasilkan produk berupa media Articulate Storyline 3 yang layak untuk siswa kelas V SD/MI. Dengan demikian media pembelajaran yang dikembangkan ini dinyatakan layak digunakan dalam pembelajarandi SD/MI.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Hidayat & Siti Khayroiyah. 2018. Pengembangan Desain Didaktis Pada Pembelajaran Geometri. Jurnal MathEducation Nusantara, 1 (1), 15-19.
Hidayat, Sukmawarti, Suwanto. 2021. The Application of Augmented Really in Elementary School Education. Research, Society and Deveopment. 10(3), 1-6
Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto, Media Pembelajaran Manual dan Digital Jakarta: Ghalia Indonesia, 2011.
Mujib, A., & Firmansyah. (2022, July). Improvement habits of minds in constructing mathematical proof using DNR-model. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2577, No. 1, p. 020038). AIP Publishing LLC.
Nasution, T. F. Z., & Lestari, N. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Kewarganegaraan Di Kelas IV SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(01), 94-104.
Rangkuti, C. J. S., & Sukmawarti. 2022. Problematika Pemberian tugas Matematika Dalam Pembelajaran Daring. IRJE Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 565-572
Rangkuti, D., Lubis, S. I., Salayan, M., Sari, D. E., & Mujib, A. (2022). Development of Learning Tools Assisted by Manipulative Teaching Aids Through Problem-Based Learning. Development, 5(2).
Sardiman. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: PT. Rajagrafindo Persada. (107)
Sukmawarti, Hidayat, Lili Amelia Putri. 2022. Workshop Worksheet Berbasis Budaya Bagi Guru MI Jami’atul Qamar Tanjung Morawa. PakMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2(1), 202-207.
Sukmawarti, Hidayat, Oca liliani. 2022. Implementasi Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling 4(4).
Sukmawarti, Hidayat (2020). Cultural-Based Alternative Assessment Development in Elementary School Mathematics. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 536.
Supriyanto, A. (2016) Kolaborasi Konselor, Guru, dan Orang tua Untuk Mengembangkan Kompetensi Anak Usia Dini Melalui Bimbingan Komperensif. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) 4 (1): 1–8.
Diterbitkan
2022-10-13