Pengaruh Model Snowball Throwing Berbantuan Media Roda Putar Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Dalam Soal Cerita Bangun Datar Kelas 5 SDN 105292 Bandar Klippa
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Snowball Throwing berbantuan media roda putar terhadap kreativitas belajar siswa dalam soal cerita Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 60 siswa. Sedangkan yang menjadi sampelnya berjumlah 30 siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata prettest untuk kelas eksperimen adalah 44.00 dan pretest untuk kelas kontrol adalah 42.33. Kemudian kedua kelas diberikan perlakukan yang berbeda, sehingga diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 77.00 dan kelas kontrol adalah 58.33. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 4.69 > ttabel = 2.04 dengan dk = 28 dan taraf nyata α= 0,05. Dapat dilihat bahwa thitung > ttabel, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka kesimpulan penelitian ini bahwa model Snowball Throwing berbantuan media roda putar berpengaruh terhadap kreativitas belajar siswa dalam soal cerita bangun datar kelas V SD Negeri 105292 Bandar Klippa.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Astri, D., & Sukmawarti. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Saintifik Pada Tema Panas Dan Perpindahan Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan , 1151.
Hidayat, & Khayroiyah, S. (2018). Pengembangan Desain Didaktis Pada Pembelajaran Geometri. Jurnal Matheducation Nusantara, 16.
Irawan, A., & Napitupulu, S. (2022). Pengaruh Video Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa Dengan Pendekatan Konstruktivisme SD Swasta Islam Terpadu Nurul Ikhwan Kecamatan Pantai Cermin. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(2), 180-188.
Jannah, M., & Darwis, U. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Paired Storytelling Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Siswa Kelas IV SD Al-Washliyah 43 Firdaus. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(01), 01-16.
Landong, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Berbasis Budaya Mandailing Natal Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 1(2), 72-78.
Marbun, O., Rohaeti, E. E., & Maya, R. (2021). Mathematical Understanding Ability And Selfregulated Learning Of Elementary School Students Using Snowball Throwing Approach . Journal Of Innovative Mathematics Learning , 23.
Mujib, A., & Firmansyah. (2022, July). Improvement habits of minds in constructing mathematical proof using DNR-model. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2577, No. 1, p. 020038). AIP Publishing LLC.
Sartika, E. (2021). Hubungan Antara Kebiasaan Membaca dan Minat Membaca Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Negeri 101772 Tanjung Selamat. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(2), 97-106.
Setyowati, D., & Widana, I. W. (2016). Pengaruh Minat, Kepercayaan Diri, Dan Kreativitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika . Emasains, 68.
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pemlbelajaran Matematika. Mes (Journal Of Mathematics Education And Science), 60.
Solichah, M., Akhwani, Hartatik, S., & Ghufron, S. (2021, Juli). Pemanfaatan Media Roda Putar Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Wahana Sekolah Dasar, 81.
Sukmawarti, & Hidayat. (2020). Cultural-Based Alternative Assessment Development In Elementary School Mathmatics. Proceedings Of The First International Conference On Science, Technology, Engineering And Industrial Revolution, 536. Medan.
Sukmawarti, Hidayat, & Liliani, O. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sd. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 887.
Syafitri, J., & Sukmawarti. (2022). Pengembangan Komik Berbasis Karakter Pada Pembelajaran Pecahan Di Kelas V Sd. Jurnal Ilmu Pendidikan , 1012.
Yusuf, I., & Dkk. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Curricula, 49..