Analisis Minat Belajar Siswa Melalui Siswa Melalui Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Tematik Dikelas V SD Negeri 107417 Sei Merah

  • Aisyah Butar Butar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa melalui pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar tematik kelas V SD Negeri 107417 Sei Merah. Desain penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskritif. Teknik pengumpulan data pada penelitian in adalah menggunakan wawancara yang diberikan kepada guru, kuesioner dalam bentuk angket yang diberikan kepada siswa dan berupa dokumentasi.teknik analisis yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Partisipan dalam penilitian ini adalah guru wali kelas V dan siswa kelas V SD Negeri 107417 Sei Merah. Hasil penemuan yang di dapat penulis adalah Meningkat nya minat belajar siswa kelas V SD Negeri 107417 Sei Merah dengan pemanfataan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar tematik hal ini ditunjukkan dengan adanya keaktifan, ketertarikan, perasaan senang dan semangat, percayah diri serta keberanian siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Adanya kendala ketika pelaksanaan kegiatan pembelajan tematik dengan memanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar yaitu memerlukan banyak waktu dalam proses pelaksanaan nya, sulit nya mengontrol siswa saat berada diluar,  terdapat siswa yang kesulitan dalam merangkum isi materi yang disampaikan, terbatasnya sumber belajar yang terdapat didalam lingkungan sekolah. Namun semua kendala tersebut dapat di atasi dengan cara membuat diskusi kelompok sehingga siswa dapat berkerja sama dalam mengerjakan tugas yang diberikan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Apriayanti, Sherly. 2021. Analisis Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Pembelajaran IPS Kelas V SDN Unyur Serang. Didaktika, 1(2), 254-262.
Erica , Sukmawarti. 2021. Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran PKN Di SD. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMN Al-Washliyah Medan.
Ikhsan, Andi, dkk. 2017. Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai, Sumber Belajar di SD Negeri 2 Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2 (1).
Irwandi. 2019. Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa SMA di Kawasan Pesisi Kalimantan Selatan. BIO-INOVED, 1(2), pp 66-73

Hidayat & Siti Khayroiyah. 2018. Pengembangan Desain Didaktis Pada Pembelajaran Geometri. Jurnal MathEducation Nusantara, 1 (1), 15-19.
Hidayat, Sukmawarti, Suwanto. 2021. The Application of Augmented Really in Elementary School Education. Research, Society and Deveopment. 10(3), 1-6.
Nasution, M. F., & Darwis, U. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Menggunakan Articulate Storyline 3 Pada Siswa Kelas IV Di SD Negeri 068074 Medan Denai. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(01), 45-54.
Nopea, Fardona. 2021. “Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar Berbasis Lingkungan Terhadap Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran Tematik Subtema Hewan dan Tumbuhan Di Lingkungan Rumahku Sekolah Dasar Negeri 66 Kota Bengkulu ”Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.
Rangkuti, C. J. S., & Sukmawarti. 2022. Problematika Pemberian tugas Matematika Dalam Pembelajaran Daring. IRJE Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 565-572.
Saputri, N. C., Sari, R. K., & Ayunda, D. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(1), 15-26.
Siagian, S. S., Mujib, A., & Zahari, C. L. Analisis Tingkat Kecemasan Matematika dalam Pembentukan Konsep Image Siswa. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 8-13.
Siregar, R. N., Suryadi, D., Prabawanto, S., & Mujib, A. (2022). Improving Students’ Self-Esteem in Learning Mathematics through a Realistic Mathematic Education. Jurnal Pendidikan MIPA, 23(3), 1262-1277.
Sukmawarti, Hidayat, Lili Amelia Putri. 2022. Workshop Worksheet Berbasis Budaya Bagi Guru MI Jami’atul Qamar Tanjung Morawa. PakMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2(1), 202-207.
Sukmawarti, Hidayat, Oca liliani. 2022. Implementasi Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling 4(4).
Tampubolon, M. R., Julianti, P., & Mujib, A. (2021). Kemampuan Penalaran Soal Cerita dan Kedisiplinan Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(1), 46-61.
Wahyuni, G., Mujib, A., & Zahari, C. L. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Visual Siswa Ditinjau Dari Adversity Quotient. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(2).
Diterbitkan
2022-09-30