Pengembangan Instrumen Soal Hots Berbasis Pemecahan Masalah Pada Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Di Kelas IV SD

  • Widya Sari

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memgembangkan instrumen soal HOTS berbasis pemecahan masalah pada tema 8 daerah tempat tinggalku sub tema 1 lingkungan tempat tinggalku di kelas IV SD, (2) mengetahui kelayakan instrumen soal HOTS berbasis pemecahan masalah pada tema 8 daerah tempat tinggalku sub tema 1 lingkungan tempat tinggalku di kelas IV SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan (1974) yang mencakup empat langkah yaitu: tahapan define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), disseminate (penyebaran). Tetapi dalam penelitian ini dibatasi sampai tiga tahapan saja yaitu hanya sampai tahap development (pengembangan). Subjek dalam penelitian ini adalah validator ahli materi, ahli bahasa, dan ahli pembelajaran. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan produk berupa instrumen soal HOTS pada pembelajaran tematik. Berdasarkan hasil validasi ahli materi, ahli bahasa, dan ahli pembelajaran bahwa instrumen soal HOTS sangat layak digunakan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Abduh, M. (2019). Panduan Penulisan Soal HOTS-Higher Order Thinking Skills. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan.
Acesta, A. (2020). Analisis Kemampuan Higher Order Thingking Skills (HOTS) Siswa Materi IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Biologi, 170.
Amin, D. I., Sutrisno, & Sigit, D. (2018). Instrumen Asesmen Pemahaman Konseptual Berorientasi. Jurnal Pendidikan, 1143.
Fazriani, N., Supendi, D. A., & Humaira, H. W. (2019). Pengaruh Pendekatan Higher Order Thinking Skill (HOTS) Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Kota Sukabumi. Jurnal Stilistika, 126

Hidayat, Sukmawarti, & Suwanto, S. (2021). The application of augmented reality in elementary school education. Research, Society and Development, 10(3), e14910312823. Hal : 1-2
Hidayat & Siti Khayroiyah. (2018). “Pengembangan Desain Didaktis Pada Pembelajaran Geometri” Jurnal Math Education Nusantara Vol. 1 (1), 2018, 15-19.
Irawan, A., & Napitupulu, S. (2022). Pengaruh Video Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa Dengan Pendekatan Konstruktivisme SD Swasta Islam Terpadu Nurul Ikhwan Kecamatan Pantai Cermin. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(2), 180-188.
Kusuma. (2016). Pengembangan Media Puzzle Berbasis Budaya Lokal Keberagaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan . Universitas Negeri Padang.
Maskyur, R. (2019). Teori Telaah dan Pengembangan Kurikulum. Bandar Lampung: AURA.
Siagian, S. S., Mujib, A., & Zahari, C. L. Analisis Tingkat Kecemasan Matematika dalam Pembentukan Konsep Image Siswa. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 8-13.
Sani, R. A. (2018). Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill).
Saputri, N. C., Sari, R. K., & Ayunda, D. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(1), 15-26.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan (Research & Develovpment). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penilaian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N.S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sukmawarti & Hidayat. (2020). “Implementasi worksheet berbasis budaya pada Matematika SD”. Makalah disajikan pada Seminar Hasil Penelitian 2020. UMN Al Washliyah. 28 April 2021.
Sukmawarti, Hidayat, Lili Amelia Putri, (2022). Workshop Worksheet Berbasis Budaya bagi Guru MI Jami’atul Qamar Tanjung Morawa. Pakmas: Jurnal Pengabdian KepadaMasyarakat, 2(1), Hal : 202-207.
Sukmawarti, Pulungan, Aprileni Julina. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Matematika SD Bernuansa Rumah Adat Melayu. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA. 5 (1), 31-36. DOI: https://doi.org/10.32696/jp2mipa.v5i1.534
Sukmawarti, Erica. (2021). “Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran PKN Di SD.” Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMN AL-Washliyah Medan.
Wahyuni, G., Mujib, A., & Zahari, C. L. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Visual Siswa Ditinjau Dari Adversity Quotient. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(2).
Diterbitkan
2022-09-30