Strategi Guru Dalam Menanamkan Sikap Sosial Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD Negeri 104306 Kp. Ilir

  • Vivi Novita

Abstrak

Sikap sosial merupakan gambaran bentuk hubungan dengan sesama manusia dan juga lingkungannya. Disamping itu, manusia adalah makhluk sosial yang akan membutuhkan bantuan oleh orang lain. Dalam hal ini, peserta didik harus memiliki sebuah bekal yang cukup untuk nantinya bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya. Apalagi setelah peserta didik menyelesaikan studinya dia akan kembali lagi ke masyarakat. Maka dari itu agar peserta didik dapat bersosialisasi dengan baik di dalam lingkungannya maka sangat diperlukannya sebuah peran guru untuk nmembantu mereka dalam bersosialisasi, karena guru sebagai seorang pendidik untuk mencerdaskan dan memperbaiki akhlak peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu menganalisis dan menyajikan fakta secara sistematik sehingga lebih dapat mudah dipahami dan disimpulkan. Penelitian ini membahas tentang strategi guru dalam menanamkan sikap sosial pada pembelajaran tematik kelas IV SD Negeri 104306 Kp. Ilir. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi guru dalam menanamkan sikap sosial dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan strategi guru dalam menanamkan sikap sosial melalui pembelajaran tematik dikelas IV SD Negeri 104306 Kp. Ilir. Sumber data penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa strategi guru dalam menanamkan sikap sosial pada pembelajaran tematik kelas IV SD Negeri 104306 Kp. Ilir adalah dengan kerja kelompok, pola pembiasaan, dan pemodelan. Faktor pendukung dalam menanamkan sikap sosial pada siswa adalah dengan adanya kerja sama antara orang tua dan guru sedangkan faktor penghambat dalam menanamkan sikap sosial siswa adalah lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Ardianingsih, F., Mahmudah, S., & Rianto, E. (2017). Peran Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Khusus Pada. Jurnal Pendidikan, 15.
Dhani, R. R. (2020). Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 45.
Hidayat & Siti Khayroiyah. (2018). “Pengembangan Desain Didaktis Pada Pembelajaran Geometri” Jurnal Math Education Nusantara Vol. 1 (1), 2018, 15-19.
Hidayat, Sukmawarti, & Suwanto, S. (2021). The application of augmented reality in elementary school education. Research, Society and Development, 10(3), e14910312823. Hal : 1-2.
Kasmida, K., Mujib, A., & Suciati, S. (2022). Pengaruh Budaya Organisasi, Motivasi Kerja, Kompetensi Interpersonal Terhadap Kinerja Tenaga Kependidikan Sekolah Satuan Pendidikan Kerjasama. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 75-88.
Khayroiyah, S., & Napitupulu, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Kuliah Matematika SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(01), 77-85.
Matnuh, H. (2017). Perlindungan hukum profesionalisme guru. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(2), 46-50.
Mujib, A., & Firmansyah. (2022, July). Improvement habits of minds in constructing mathematical proof using DNR-model. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2577, No. 1, p. 020038). AIP Publishing LLC.
Noer, U. (2019). Buku Ragam Strategi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi.
Rismayani, L. D., Kertih, I. W., & Sendratari, L. P. (2020). Penanaman Sikap Sosial Melalui Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 4(1), 8-15.
Santosa, S., & Andrean, S. (2021). Pengembangan dan Pembinaan Karakter Siswa Dengan Mengoptimalkan Peran Guru Sebagai Contextual Idol Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 952.
Sihombing, R. L., & Sukri, U. (2021). Pengaruh Strategi Pembelajaran Afektif Terhadap Karakter Mahasiswa. Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 119.
Silvia, L., & Bahri, S. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Kartu Flash Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Di Kelas IV SD Swasta Amalia Islamic School Medan Denai. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 4(1), 37-48.
Sukmawarti & Hidayat. (2020). “Implementasi worksheet berbasis budaya pada Matematika SD”. Makalah disajikan pada Seminar Hasil Penelitian 2020. UMN Al Washliyah. 28 April 2021.
Sukmawarti, Erica. (2021). “Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran PKN Di SD.” Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMN AL-Washliyah Medan.
Sukmawarti, Hidayat, Lili Amelia Putri, (2022). Workshop Worksheet Berbasis Budaya bagi Guru MI Jami’atul Qamar Tanjung Morawa. Pakmas: Jurnal Pengabdian KepadaMasyarakat, 2(1), Hal : 202-207.
Sukmawarti, Pulungan, Aprileni Julina. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Matematika SD Bernuansa Rumah Adat Melayu. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA. 5 (1), 31-36. DOI: https://doi.org/10.32696/jp2mipa.v5i1.534.
Utari, S. D., & Rahmawati, T. (2019). Penerapan Teams Game Tournament dalam Pembelajaran Sejarah Kelas X SMAN 1 Purwosari. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia. 192.
Wahyuni, G., Mujib, A., & Zahari, C. L. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Visual Siswa Ditinjau Dari Adversity Quotient. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(2).
Diterbitkan
2022-09-30