Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Diorama Pada Pembelajaran Tematik Materi Indahnya Keragaman Di Negeriku Di Kelas IV SD

  • Wan Azizah Azra Zumarnis

Abstrak

Permasalahan pembelajaran Tematik masih terjadi di SD. Berdasarkan hasil pra penelitian yang dilakukan di SD 101996 Batu Rata melalui data observasi, wawancara dan hasil belajar ditemukan informasi bahwa pembelajaran Tematik selama ini berlangsung dengan media yang terbatas pada gambar yang ada pada buku teks siswa, kurang tersedia nya media pembelajaran yang menyebabkan siswa kurang termotivasi dan kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Permasalahan tersebut didukung dengan perolehan hasil belajar Tematik kelas IV SDN 101996 Batu Rata yang memiliki rata-rata rendah yaitu 65. ditunjukkan dengan data, dari 21 siswa terdapat 8 siswa (51%) yang mendapatkan nilai diatas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70, sedangkan sisanya 13 siswa (49%) nilainya dibawah KKM. Berdasarkan hasil nilai KKM terlihat guru belum menggunakan media pembelajaran secara optimal sebagai proses pembelajaran PKN. Maka dari itu perlu dikembangkan media pembelajaran dengan harapan  memotivasi siswa, membantu siswa untuk menyerap informasi yang diberikan guru dan meningkatkan keterampilan guru dalam menggunakan media pembelajaran. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui media diorama menggunakan satu siklus, setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 101996 Batu Rata. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : nilai rata-rata kelas pada pertemuan I adalah 80, siswa tuntas sebanyak 19 dan tidak tuntas sebanyak 3. Hasil belajar siklus I sudah baik,tetapi sudah meningkat signifikan dan masih terdapat 3 siswa belum mencapai KKM (65). Simpulan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan peningkatan ketuntasan klasikal pada siklus I 85% siswa yang tuntas.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Amalia, D., & Napitupulu, S. (2022). Pengembangan Media Puzzle Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV SD 101899 Lubuk Pakam. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(2), 120-130.
Andi, P., Ariswoyo, S., & Mujib, A. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa antara Model Problem Based Learning (PBL) dengan Model Think Pair Share (TPS) Berbantu Autograph. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 31-39.
Devi, Miftah. (2017). Pengembangan Media Diorama Pada Pembelajaran Tematik Terintregasi Tema Indahnya Negeriku untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, dalam Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, Vol. 20 No. 2.
Fauzi, Popi. (2018). Penggunaan Media Diorama untuk Mengingkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Kenampakan Permukaan Bumi di SD Gunung Karung Kuningan, dalam Jurnal Lensa Pendas, Vol. 3 No. 1.
G M A Siregar, Hidayat, dkk. (2021) Evaluation of online learning for mathematics education students. Journal of Physics: Conference Series.
Hidayat, Siti Khayroiyah. (2018) Pengembangan Desain Didaktis Pada Pembelajaran Geometri. Available online at https://jurnal.pascaumnaw.ac.id/index.php/ Jurnal MathEducation Nusantara Vol. 1 (1), 2018, 15-19.
Hidayat, Sukmawarti, dkk. (2021) The application of augmented reality in elementary school education. Research, Society and Development, v. 10, n. 3, e14910312823, 2021 (CC BY 4.0) | ISSN 2525-3409 | DOI: http://dx.doi.org/10.33448/rsd-v10i3.12823.
Jannah, M., & Darwis, U. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Paired Storytelling Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Siswa Kelas IV SD Al-Washliyah 43 Firdaus. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(01), 01-16.
Jihad, Asep & Haris, Abdul. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Pressindo.
Muris, Alfisah Fadlila,dkk. (2015). Penggunaan Media Diorama Untuk Meningkatkan.
Purba,Erni Sanita Dewi.(2012).Penelitian Tindakan Kelas model picture and picture. Medan: Universitas Negeri Medan.
Rusman.(2014). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo.
Sari, K. P. (2022). Pengembangan Media Ensiklopedia Model Lift the Flap Berbasis Masalah pada Pembelajaran Tematik Tema Perkembangan Teknologi di Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 4(1), 25-36.
Sukmawarti, Hidayat, dkk. (2022) Workshop Worksheet Berbasis Budaya bagi Guru MI Jami’atul Qamar Tanjung Morawa. PaKMas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) https://journal.yp3a.org/index.php/PaKMas.
Sukmawarti, Hidayat, dkk. (2020) Cultural-Based Alternative Assessment Development in Elementary School Mathematics. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 536 Proceedings of the First International Conference on Science, Technology, Engineering and Industrial Revolution (ICSTEIR 2020).
Susmiati, S. (2021). Penggunaan Media Power Point untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SDN 118275 Sialang Pamoran II Kecamatan Silangkitang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(1), 62-72.
Usman, A., Fauzi, A., Karnasih, I., & Mujib, A. (2020). Kemampuan Spasial Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Alat Peraga Berbahan Pipet. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(2), 321-330.
Wina,Sanjaya. (2014), Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Yusufhadi, Miars. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan.
Diterbitkan
2022-09-30