Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Canva Pada Pembelajaran Tematik Tema Kayanya Negeriku Kelas IV SD

  • Rika Wahyuni

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan media menggunakan aplikasi canva dalam pembelajaran tematik SD, (2) mengetahui kelayakan pada pengembangan aplikasi canva dalam pembelajaran tematik SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup lima Langkah antara lain: analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Subjek pada penelitian ini adalah validator ahli media, ahli materi, praktisi Pendidikan yaitu guru kelas IV dan siswa kelas IV SD. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Aplikasi Canva Pada Pembelajaran Tematik Tema Kayanya Negeriku Kelas IV SD “Sangat Layak” dengan rincian persentase kelayakan yang diberikan oleh ahli media pada pembelajaran 1 sebesar 86,6% dengan kategori “Sangat Layak”, media pembelajaran 2 sebesar 83,3% dengan kategori “Sangat Layak”, media pembelajaran 3 sebesar 86,6% dengan kategori “Sangat Layak”, media pembelajaran 4 sebesar 88,8% dengan kategori “Sangat Layak”, media pembelajaran 5 sebesar 85% dengan kategori “Sangat Layak”. Ahli materi pada media pembelajaran 1 sebesar 94% dengan kategori “Sangat Layak”, pembelajaran 2 sebesar 90% dengan kategori “Sangat Layak”, pembelajaran 3 sebesar 92% dengan kategori “Sangat Layak”, pembelajaran 4 sebesar 94% dengan kategori “Sangat Layak” dan pembelajaran 5 sebesar 94% dengan kategori “Sangat Layak”. Pada praktisi pendidikan pada media pembelajaran 1 sebesar 98% dengan kategori “Sangat Layak”, pembelajaran 2 sebesar 94% dengan kategori “Sangat Layak”, pembelajaran 3 sebesar 96% dengan kategori “Sangat Layak”, pembelajaran 4 sebesar 94% dengan kategori “Sangat Layak”, dan pembelajaran 5 sebesar 98% dengan kategori “Sangat Layak”. Uji coba perorangan sebesar 95,2% dengan kategori “Sangat Layak” dan uji coba kelompok kecil sebesar 93,7% dengan kategori “Sangat Layak”. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Aplikasi Canva pada pembelajaran tematik tema kayanya negeriku kelas IV SD UPT SD Negeri 27 Lalang “Sangat Layak” digunakan kepada siswa saat proses pembelajaran.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Hamid, M. A., & dkk. (2020). Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Harahap, S. R. A. K., & Nasution, A. S. (2021). Pengembangan Media Berbasis Power Point Untuk Penyajian Bagian-Bagian Tumbuhan Melalui CTL Di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(2), 128-137.
Hidayat & Siti Khayroiyah. (2018). “Pengembangan Desain Didaktis Pada Pembelajaran Geometri” Jurnal Math Education Nusantara Vol. 1 (1), 2018, 15-19.
Hidayat, Sukmawarti, & Suwanto, S. (2021). The application of augmented reality in elementary school education. Research, Society and Development, 10(3), e14910312823. Hal : 1-2
Marini, K., & Silalahi, B. R. (2022). Pengembangan Media Monopoli Tematik Pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsa Di SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(2), 159-167.
Nasution, M. F., & Darwis, U. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Menggunakan Articulate Storyline 3 Pada Siswa Kelas IV Di SD Negeri 068074 Medan Denai. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(01), 45-54.
Rangkuti, D., Lubis, S. I., Salayan, M., Sari, D. E., & Mujib, A. (2022). Development of Learning Tools Assisted by Manipulative Teaching Aids Through Problem-Based Learning. Development, 5(2).
Siregar, P. S., & dkk. (2022). mplementasi Pembelajaran Tematik dalam Pencapaian Standar Proses Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. BASICEDU, 540 -551.
Siregar, R. N., Suryadi, D., Prabawanto, S., & Mujib, A. (2022). Improving Students’ Self-Esteem in Learning Mathematics through a Realistic Mathematic Education. Jurnal Pendidikan MIPA, 23(3), 1262-1277.
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, cv.
Sukmawarti & Hidayat. (2020). “Implementasi worksheet berbasis budaya pada Matematika SD”. Makalah disajikan pada Seminar Hasil Penelitian 2020. UMN Al Washliyah. 28 April 2021.
Sukmawarti, Erica. (2021). “Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran PKN Di SD.” Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMN AL-Washliyah Medan.
Sukmawarti, Hidayat, Lili Amelia Putri, (2022). Workshop Worksheet Berbasis Budaya bagi Guru MI Jami’atul Qamar Tanjung Morawa.Pakmas: Jurnal Pengabdian KepadaMasyarakat, 2(1), Hal : 202-207.
Sukmawarti, Pulungan, Aprileni Julina. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Matematika SD Bernuansa Rumah Adat Melayu. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA. 5 (1), 31-36. DOI: https://doi.org/10.32696/jp2mipa.v5i1.534.
Tarigan, L. A. B., & Napitupulu, S. (2021). Pengembangan Media Papan Magnetik Pada Pembelajaran Ipa Materi Metamorfosis Kelas Iv Sd. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(2), 168-179.
Yusuf, M. (2018:10). Pengantar Ilmu Pendidikan. Palopo: Kampus IAIN Palopo.
Diterbitkan
2022-09-30