Penerapan Model Kooperatif Learning Terhadap Hasil Pembelajaran Siswa Tema Indahnya Keberagaman Budaya Negeriku Di Kelas IV SD Nurhasanah

  • Wulandari .

Abstrak

Penelitian ini beranjak dari hasil belajar tema indahnya keberagaman budaya negeriku di kelas IV SD Nur Hasanah Garu I siswa yang ditemui oleh peneliti masih terbilang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV melalui penerapan model pembelajaran kooperatif leaning. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD Nur Hasanah Garu I. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Nur Hasanah Garu I yang berjumlah 22 orang dan objek penelitian adalah pembelajaran tema dengan model pembelajaran kooperatif leaning. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Pada setiap akhir siklus dilaksanakan tes siklus. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan teknik deskriptif kualitatif maupun kuantitatif dari berbagai sumber yaitu dari hasil observasi, dan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Model pembelajaran kooperatif leaning. dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Nur Hasanah Garu I pada pembelajaran tema yaitu pada tes siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 73 dengan persentase ketuntasan belajar 54,54%  siklus II nilai rata-rata kelas sebesar 74,92 dengan persentase ketuntasan belajar 59,09% (kategori sedang) dan pada tes siklus III nilai rata-rata kelas 85,53 dengan persentase ketuntasan belajar 77,27% (kategori tinggi).

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Amri, S. dan Ahmadi K.I. (2010). Proses Pembelajaran Kreatif Dan Inovatif Dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya.
Abdul Majid. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Agus Suprijono. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi cet. IX. Jogjakarta: Pustaka Pelajar, 2012.
Ahmad Susanto. Pengembangan Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group, 2014.
Dewi, D. F. (2022). Penerapan Model Investigasi Kelompok Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 4(1), 83-93.
G. M. A. Siregar, Hidayat, Sukmawarti, &, M. D. Siagian (2021). “Evaluation of online learning for mathematics education students.” Journal of Physics: Conference Series 1882 (2021) 012064.
Hidayat & Siti Khayroiyah.(2018). “Pengembangan Desain Didaktis Pada Pembelajaran Geometri.” Jurnal MathEducation Nusantara Vol. 1 (1), 2018, 15-19.
Hidayat, Sukmawarti, & Suwanto. “The application of augmented reality in elementary school education” Research, Society and Development, v. 10, n. 3, e14910312823, 2021.
Jannah, M., & Darwis, U. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Paired Storytelling Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Siswa Kelas IV SD Al-Washliyah 43 Firdaus. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(01), 01-16.
Khayroiyah, S., & Napitupulu, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Kuliah Matematika SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(01), 77-85.
Mujib, A., & Firmansyah. (2022, July). Improvement habits of minds in constructing mathematical proof using DNR-model. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2577, No. 1, p. 020038). AIP Publishing LLC.
Rusman. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2010.
Siregar, R. N., Suryadi, D., Prabawanto, S., & Mujib, A. (2022). Improving Students’ Self-Esteem in Learning Mathematics through a Realistic Mathematic Education. Jurnal Pendidikan MIPA, 23(3), 1262-1277.
Sukmawarti, Hidayat & Lili . “Workshop Worksheet Berbasis Budaya bagi Guru MI Jami’atul Qamar Tanjung Morawa”.Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2 No. 1 (Mei 2022) 202-207.
Sukmawarti & Hidayat. “ Cultural-Based Alternative Assessment Development in Elementary School Mathematics.” Proceedings of the First International Conference on Science, Technology, Engineering and Industrial Revolution (ICSTEIR 2020). Volume: 536.
Sukmawarti, Hidayat & Oca Liliani “Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD”. Jurnal Pendidikan dan Konseling Volume 4 Nomor 4 Tahun 2022 E-ISSN: 2685-936X dan P-ISSN: 2685-935.
Tanjung, E. S., & Silalahi, B. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Berbeasis Humanisme Pada Tema Makna Nilai-Nilai Pancasila Di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 4(1), 70-81.
Diterbitkan
2022-09-30