Analisis Keterampilan Bertanya Siswa Pada Pembelajaran Tema 8 Praja Muda Karana Kelas III Di SD Negeri 064988 Kec. Medan Johor

  • Sastika Pratiwi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan keterampilan bertanya siswa pada pembelajaran tema 8 praja muda karana kelas III di SDN 064988 kec. Medan johor. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menganalisis data berupa analisis deskriptif. Adapun penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 064988 alamat di jln karya jaya titikuning kec medan johor. Teknik  Instrumen serta teknik pengumpulan data yang digunakan pada lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun Teknik analisis data menggunakan data reduction(reduksi data), data display(penyajian data), conclution drawing(penarika kesimpulan) dan isu tetik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sesuai dengan indikator dalam instrumen yaitu terdapat 4 point adalah singkat dan jelas, memiliki fokus, bersifat probling atau divergen dan memiliki inotasi yang jelas. Pada hasil observasi siswa di kelas III dilakukan 17 siswa yang ada dikelas, terdapat 10 siswa yang aktif dalam bertanya sedangkan 7 siswa lainnya yang tidak bertanya. Kemudian pada hasil wawancara guru kelas III diketahui bahwa keterampilan siswa kelas III masih relatif. Dan pada hasil wawancara siswa kelas III diketahui siswa yang bertanya lebih aktif ketika diwawancarai sedangkan siswa yang tidak bertanya masih terlihat kaku bertanya pada guru.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Alwasilah, A. Chaedar. (2009). Pokoknya Kualitatif Dasar-dasar Merancang dan Melakukan Penelitian Kualitatif. Jakarta : Pustaka Jaya.
Djamarah, B. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: Rineka Cipta.
Domo, S. M., & Mujib, A. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Mts Pada Materi Persamaan Linier Satu Variabel Melalui Pembelajaran Active Learning. Jurnal PERISAI (Jurnal Pendidikan dan Riset ilmu Sains), 1(1), 22-36.
Hamalik Oemar. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hidayat, Sukmawarti, & Suwanto, S. (2021). The application of augmented reality in elementary school education. Research, Society and Development, 10(3), e14910312823. Hal : 1-2
Rahmawati, C. (2019). Hubungan Fungsi Media Pembelajaran dan Motivasi BelajarDengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Gugus Jendral Al Sudirman Kabupaten Demak. In Formulasidan Uji Aktivitas Anti Bakteri Sediaan Krim Ektrak Etanol Daun Ketapang (Terminalia catappa L.) Terhadap Propionibacterium acne DAN Staphylococcus epidermidis Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Hidayat & Siti Khayroiyah (2018). “Pengembangan Desain Didaktis Pada Pembelajaran Geometri” Jurnal Math Education Nusantara Vol. 1 (1), 2018, 15-19.
Puspita, A. (2022). Analisis Penerapan Media Audio Visual Pada Pembelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 101966 Pertangguhan. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(2), 131-138.
Saputri, N. C., Sari, R. K., & Ayunda, D. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(1), 15-26.
Saputri, R. I., & Friska, N. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Kubus Berhuruf di PAUD Al-Mirah Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 4(1), 14-24.
Siagian, S. S., Mujib, A., & Zahari, C. L. Analisis Tingkat Kecemasan Matematika dalam Pembentukan Konsep Image Siswa. PARADIKMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 15(1), 8-13.
Sugiyono (2009). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
Sukmawarti, Hidayat, & Suwanto. (2021). Desain Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Problem Posing Pada Pembelajaran Metematika SD. Jurnal Matheducation Nusantara, 4(1), 10–18.
Sukmawarti, Hidayat, Lili Amelia Putri. (2022). Workshop Worksheet Berbasis Budaya bagi Guru MI Jami’atul Qamar Tanjung Morawa. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), Hal : 202-207.
Sukmawarti, & dkk. (2022). Implementasi Model Problem Based Leraning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 886-894.
Sukmawarti & Hidayat. (2020). Cultural-Based Alternative Assesment Development in Elementary School Mathematics. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 536, 288-292.
Wahyuni, G., Mujib, A., & Zahari, C. L. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Visual Siswa Ditinjau Dari Adversity Quotient. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(2).
Wani, K. E. (2022). Analisis Dampak Pemberian Reward and Punishment Pada Proses Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SDN 064955 Medan. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(3), 233-247.
Diterbitkan
2022-09-30