Analisis Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Mengerjakan Tugas Di Era New Normal Di SDN No. 101932 Perbaungan

  • Fiyolanda Rifanka Aulia Zoenoer

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui Mengetahui Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Mengerjakan Tugas di Masa New Normal di SDN. 101932 Perbaungan. Metode penelitian yang digunakan ialah metode analisis deskriptif. Partipasan dalam penelitian ini ialah berjumlah 46 orang, yang terdiri atas 20 orang siswa, 20 orang wali murid dan 6 orang guru di SDN 101932 Perbaungan. Untuk memperoleh data yang diperlukan, maka dalam penelitian ini peneliti menggunakan intrumen berupa wawancara.  Analisis data dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa Orang tua memiliki peran yang begitu penting dalam mendampingi anak mengerjakan tugas diera new normal. Adapun peran yang dilakukan orang tua dalam mendampingi anak mengerjakan tugas di era new normal di SDN 101932 Perbaungan ialah berperan sebagai motivator, fasilitator dan pengawas.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Adawiyah, R., Isnaini, N. F., Hasanah, U., & Faridah, N. R. (2021). Kesiapan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka pada Era New Normal di MI At-Tanwir Bojonegoro. Jurnal Basicedu, 5(5), 3814–3821.
Agustian, Sukri dan Siregar, Tuti Rezeki Awaliyah. (2021). Perkembangan Sosial Anak Usia Sekolah Dasar Perspektik Gender. Jurnal Tarbiyah, 11(1), 43-57
Aly, M. N., Outri, A. N. R., Rosyida, G., Hamidah, A., Ahmad, A. S., Suryani, H. A., A’yuni, A. Q., Khairunnisa, P. H., Rachmadicha, N. N., & Ilmi, I. Q. (2020). Panduan Aman “New Normal” Menghadapi Pandemi Covid-19. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 4(2), 415–422.
Arrixavier, A. A., & Wulanyani, N. M. S. (2020). Peran fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi di Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 7(01), 81–90.
Damanik, B. N. (2019). Pengaruh Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Menggunakan Model Discovery Learning Di Kelas V Min Medan Tembung TA 2018/2019. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Domo, S. M., & Mujib, A. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Mts Pada Materi Persamaan Linier Satu Variabel Melalui Pembelajaran Active Learning. Jurnal PERISAI (Jurnal Pendidikan dan Riset ilmu Sains), 1(1), 22-36.
Fadillah, A. N. (n.d.). Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar Daring di Rumah pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN Pasir Putih 03 Kota Depok Tahun Pelajaran 2020/2021. Jakarta: FITK UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA.
Fatimah, C., Wirnawa, K., & Dewi, P. S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Operasi Perkalian Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (Smp). Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 1–6.
Fitriani, H., & Rohman, R. Y. (2016). Pengaruh konseling terhadap kecemasan remaja putri yang mengalami menarche. Jurnal Keperawatan BSI, 4(2).
Hadi, A. (2016). Nilai-nilai Pendidikan Keluarga dalam UU No. 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak. An-Nisa, 9(2), 101121.
Hidayat dkk. (2021). Desain Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Problem Posing Pada Pembelajaran Metematika SD. Jurnal Matheducation Nusantara, 4(1), 10–18.
Hidayat & Khayroiyah, S. (2018). Pengembangan Desain Didaktis Pada Pembelajaran Geometri. Jurnal Matheducation Nusantara,1(1), 15–19.
Iftitah, Selvi Lailiyatul dan Anawati, Mardiana Faridhatul, (2020). Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak Dirumah Selama Pandemi Covid 19. Juornal of Chilhood Education, 71-81
Istiatin, I., Sudarwati, S., Yani, B. A., Beno, F., & Indah, I. (2021). Meningkatkan Perilaku Mawas Diri Pada Era New Normal Masyarakat Jurangjero, Karangmalang, Sragen (KKN Tematik UNIBA 2020). BUDIMAS: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 3(1).
Muhklis, Ahmad, and Izhar Salim. "Peranan Orang Tua dan Sekolah dalam Mengantisipasi Anak Putus Sekolah." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa 5.8.
Nengrum, T. A., Pettasolong, N., & Nuriman, M. (2021). Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Luring dan Daring dalam Pencapaian Kompetensi Dasar Kurikulum Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah 2 Kabupaten Gorontalo. Jurnal Pendidikan, 30(1), 1–12.
Nisa, I. K., Astuti, N., & Tias, I. W. U. (2022). Analisis Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 970–977.
Novrinda, N., Kurniah, N., & Yulidesni, Y. (2017). Peran orangtua dalam pendidikan anak usia dini ditinjau dari latar belakang pendidikan. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1), 39–46.
Puspita, A. (2022). Analisis Penerapan Media Audio Visual Pada Pembelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 101966 Pertangguhan. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(2), 131-138.
Rahmadini, W., Yulina, H., & Sudirman, A. (2019). Hubungan Fasilitas Belajar di Sekolah dengan Hasil Belajar Tematik Peserta Didik Kelas IV SD. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(20).
Rosmayati, S., & Maulana, A. (2021). Dampak Pembelajaran Di Era New Normal Di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, Dan Inovasi, 1(2).
Saputri, N. C., Sari, R. K., & Ayunda, D. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(1), 15-26.
Siagian, S. S., Mujib, A., & Zahari, C. L. Analisis Tingkat Kecemasan Matematika dalam Pembentukan Konsep Image Siswa. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 8-13.
Siregar, I. A. (2021). Analisis Dan Interpretasi Data Kuantitatif. ALACRITY: Journal of Education, 39–48.
Sri, L. (2012). Psikologi Keluarga. Jakarta: Kencana.
Sugiarto, E. (2017). Menyusun proposal penelitian kualitatif: Skripsi dan tesis: Suaka media. Diandra Kreatif.
Suparjo, F. D. (2016). Pengaruh pendampingan orang tua terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas atas sdn 2 kenteng nogosari tahun ajaran 2015-2016. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Wahyuni, G., Mujib, A., & Zahari, C. L. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Visual Siswa Ditinjau Dari Adversity Quotient. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(2).
Wani, K. E. (2022). Analisis Dampak Pemberian Reward and Punishment Pada Proses Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SDN 064955 Medan. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(3), 233-247.
Widya, W. F. (2021). Analisis Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar Berbasis Saintifik Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 101772 Tanjung Selamat. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(2), 120-127.
Diterbitkan
2022-09-30